Breaking News:

Berita Semarang

Atlet KONI Kota Semarang Program Semarang Emas Jalani Tes Fisik

Perkembangan fisik atlet/pemain Program Semarang Emas (PSE) terus dipantau oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang.

Dokumentasi
Atlet KONI Kota Semarang program Semarang Emas Jalani Tes Fisik berkala tahap kedua di Kompleks Olahraga Trilomba Juang, Minggu-Selasa (28-30/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perkembangan fisik atlet/pemain Program Semarang Emas (PSE) terus dipantau oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang.

Sebanyak 550 atlet/pemain dari 48 cabang olahraga  menjalani tes fisik berkala tahap kedua di Kompleks Olahraga Trilomba Juang, Minggu-Selasa (28-30/11/2021).

Tes tersebut untuk mengetahui perkembangan fisik atlet.

Baca juga: Di Momen Hari Guru, Ketua DPRD Demak FBS Ingin Perjuangkan Kesejahteraan Para Pendidik

Baca juga: Kantor Dinilai Kurang Layak, Direktur PDAM Tirta Kajen Bilang Perlu Ada Tambahan Gedung Baru 

Mereka menjalani tes pada kelincahan (agility), ketahanan (endurance), dan kecepatan (speed).

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Kota Semarang Hadi mengatakan, tes berkala ini untuk mengetahui perkembangan terakhir atlet/pemain utamanya pada sisi fisik.

Ada parameter yang harus dicapai atlet/pemain.

''Atlet/pemain harus bisa mencapai kategori baik sekali. Misal, pada tes ketahanan atlet putra bisa mencapai skor 56 ml/kg/min atau pada level 13. Sedangkan putri pada skor 49,6 ml/kg/min atau level 11. Ini yang kami pantau dalam tes berkala ini,'' tutur Hadi di sela-sela tes berkala di Kompleks Olahraga Trilomba Juang, Minggu (28/11).

Kemudian pada tes kecepatan, atlet putra minimal mampu berlari 3,19 detik dalam jarak 20 meter. Sedangkan putri minimal 3,66 detik. Setelah tes ini, hasil akan diinformasikan kepada masing-masing cabang olahraga untuk ditindak lanjuti. 

Jika memang masih di bawah standar, pelatih cabang olahraga bisa memberi program latihan untuk meningkatkan kondisi atlet/pemain binaannya.

''PSE merupakan program bagi atlet yang diproyeksikan ke berbagai ajang. Muaranya ada di Porprov Jateng XVI nanti. Setelah ini, akan ada tes lagi untuk mengetahui progres atlet/pemain,'' jelas dosen FIK Unnes itu.

Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara menyambut baik hasil tes ini. Menurutnya, hal ini bisa menjadi parameter kesiapan atlet dalam menghadapi Porprov mendatang.

Baca juga: Kantor Dinilai Kurang Layak, Direktur PDAM Tirta Kajen Bilang Perlu Ada Tambahan Gedung Baru 

Baca juga: Hasil Indonesia Open 2021 Marcus/Kevin Hattrick Juara, Full Menyerang hingga Pemain Jepang Keteteran

"Setidaknya para atlet sudah menyambut pra Porprov di tahun 2022 mengingat sampai sekarang belum afa kejelasan kapan Porprov akan dilangsungkan.

Tapi mohon jangan berpuas diri dengan hasil yang dicapai sekarang ini, terus tingkatkan raihan dan capaian agar bisa meraih prestasi terbaik tidak hanya di Porprov namun juga di event olahraga lain," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved