Breaking News:

Berita Kudus

Pelatihan Anggota LINMAS Diperlukan untuk Tanamkan Jiwa Korsa

Bupati Kudus Hartopo menyampaikan peningkatan kapasitas dan kompetensi anggota Linmas sangat diperlukan.

Editor: Editor Bisnis
IST
Pelatihan anggota Satgas Linmas, Satlinmas Air, dan Satlinmas se-Kabupaten Kudus di Balai Desa Ngemplak, Undaan, Senin (13/12). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Peran anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam masyarakat penting. Selain ikut menjaga ketertiban dalam masyarakat, Linmas juga berperan dalam penanganan bencana.

Oleh karena itu, Bupati Kudus Hartopo menyampaikan peningkatan kapasitas dan kompetensi anggota Linmas sangat diperlukan.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka apel dalam pelatihan bagi anggota Satgas Linmas, Satlinmas Air, dan Satlinmas se-Kabupaten Kudus di Balai Desa Ngemplak, Undaan, Senin (13/12).

Di depan anggota Linmas dari seluruh kecamatan di Kudus, Hartopo meminta agar seluruh anggota mengikuti pelatihan dengan baik.

Pemaparan Bupati Kudus HM Hartopo dalam Pelatihan anggota Satgas Linmas, Satlinmas Air, dan Satlinmas se-Kabupaten Kudus di Balai Desa Ngemplak, Undaan, Senin (13/12).
Pemaparan Bupati Kudus HM Hartopo dalam Pelatihan anggota Satgas Linmas, Satlinmas Air, dan Satlinmas se-Kabupaten Kudus di Balai Desa Ngemplak, Undaan, Senin (13/12). (IST)

Pasalnya, pelatihan tersebut bermanfaat untuk melatih kesiapsiagaan anggota Linmas di lapangan. Sehingga, bisa bekerja dengan maksimal.

"Linmas punya peran yang sangat luar biasa. Semua peran Linmas dari mulai kamtibmas hingga kebencanaan perlu dicermati dengan baik. Sehingga pelatihan ini penting," paparnya.

Bahkan, pihaknya mendorong agar pelatihan dilakukan lebih dari sehari. Paling tidak pelatihan dilakukan tiga hari dan menginap untuk melatih jiwa sosial dan kebersamaan.

Selama itu, anggota Linmas dilatih di kawah candradimuka untuk ditanamkan jiwa korsa. Sehingga dapat mengabdi menjaga keamanan masyarakat Kudus secara maksimal.

Piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri kategori Kedisplinan dan Keaktifan Pelaporan dalam Pelaksanaan Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19, yang tertuang dalam SK Nomor 004.1-649 Tahun 2021.
Piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri kategori Kedisplinan dan Keaktifan Pelaporan dalam Pelaksanaan Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19, yang tertuang dalam SK Nomor 004.1-649 Tahun 2021. (IST)

"Jangan kalah dengan adek pramuka yang biasa berkemah. Kalau bisa pelatihan Linmas juga dilakukan dengan cara penggemblengan selama beberapa hari biar kompak dan jiwa korsa lebih terbentuk," ucapnya.

Hartopo juga mengapresiasi piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dalam kategori Kedisplinan dan Keaktifan Pelaporan dalam Pelaksanaan Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19, yang tertuang dalam SK Nomor 004.1-649 Tahun 2021.

Piagam tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Adwil Kemendagri), Dr. Safrizal, ZA pada Selasa (7/12) lalu.

Orang nomor satu di Kudus tersebut optimis Satpol PP Kudus akan lebih giat dalam menjaga ketertiban dan sigap dalam penanganan bencana di Kudus.

"Kami mengapresiasi kinerja Satpol PP Kudus yang sudah baik. Kami yakin kedepan Satpol PP Kudus akan lebih sigap menjaga ketertiban masyarakat Kudus. Begitu pula Linmas Kudus yang terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Satpol PP Kudus Kholid juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Kudus. Sehingga Satpol PP Kudus meraih Piagam penghargaan. Pihaknya menyampaikan piagam tersebut menjadi motivasi agar Satpol PP Kudus lebih baik lagi.

"Terima kasih atas semua dukungan dari Bupati Kudus. Piagam ini menjadi motivasi agar kami bisa melaksanakan tugas lebih baik lagi," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved