Breaking News:

Berita Cilacap

Penuhi Kualitas Selera Dunia, Kampung Sidat Kaliwungu Cilacap Jadi Percontohan Nasional

Bermula dari kolam budidaya skala kecil, ikan sidat di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, dikirim ke pasar luar negeri

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/PERMATA PUTRA SEJATI
Petani atau pembudidaya ikan sidat di Kampung Sidat Desa Kaliwungu, Kecamatan Kedungreja, Cilacap saat memanen ikan sidat, Kamis (23/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Bermula dari kolam budidaya skala kecil di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, ikan sidat kualitas nomor satu dikirimkan memenuhi selera dunia.

Pesanan dari restoran semakin banyak, kini ikan sidat yang dikenal juga dengan nama ikan katadromus diolah dalam bentuk Unagi Kabayaki.

Bahkan ada juga yang untuk memenuhi jaringan sushi ternama. 

Di Jepang memiliki hari khusus setiap musim panas, Doyo no Ushi no Hi, hari saat warga Jepang menikmati sidat panggang yang dipercaya meningkatkan kondisi tubuh di tengah cuaca terik. 

Namun demikian, International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah mengkategorikan sidat Jepang (Anguilla japonica) dalam the Red List of Threatened Species. 

Baca juga: 8 Drama di Semifinal Indonesia Vs Singapura, Gol Penyelamat Arhan hingga Asnawi Sujud di Depan Lawan

Baca juga: Kartu Debit Jenis Lama Diblokir, Begini Cara Tarik Saldo BCA Tanpa Kartu ATM

Baca juga: Misteri Kematian Pencuri Tanaman Hias Setelah Diamankan Polisi, Keluarga Lihat Garis Hitam di Leher

Sekitar 70 persen konsumsi sidat dunia ada di Jepang.

Hal itulah yang mendorong mereka mencari suplai sidat dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Hal itulah yang memotivasi Pelopor Koperasi Mina Sidat Bersatu, Ruddy Sutomo, mengembangkan gagasan Kampung Sidat. 

"Teman saya dari Jepang bertanya apakah ada Unagi di kampung halaman. 

Istilah itu begitu asing bagi saya, tetapi begitu melihat fotonya ternyata itu sejenis olahan dari ikan Sidat yang banyak di kampung saya di Cilacap," katanya kepada Tribunjateng.com, Kamis (23/12/2021). 

Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP, Pamuji Lestari saat bersama Tim KKP dan Kepala Perwakilan Food and Agriculture Organization (FAO) untuk Indonesia dan Timor Leste Rajendra Aryal melihat panen ikan sidat di Kampung Sidat Kaliwungu, Cilacap, Kamis (23/12/2021).
Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP, Pamuji Lestari saat bersama Tim KKP dan Kepala Perwakilan Food and Agriculture Organization (FAO) untuk Indonesia dan Timor Leste Rajendra Aryal melihat panen ikan sidat di Kampung Sidat Kaliwungu, Cilacap, Kamis (23/12/2021). (TRIBUN JATENG/PERMATA PUTRA SEJATI)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved