Breaking News:

Kota Pekalongan

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Bunda PAUD Inggit : Sinergitas Stakeholder Sangat Dibutuhkan

Peringati hari jadi ke-11, Rumah Sakit HA Zaky Djunaid bekerjasama dengan kelompok kerja (pokja) Bunda PAUD Kota Pekalongan

diskominfo kota pekalongan
Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya saat menghadiri seminar peningkatan pendidikan keluarga dan kapasitas pendidik terkait kesehatan serta tumbuh kembang anak di Hotel Dafam Pekalongan, Senin (10/1/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN -Peringati hari jadi ke-11, Rumah Sakit HA Zaky Djunaid bekerjasama dengan kelompok kerja (pokja) Bunda PAUD Kota Pekalongan mengadakan seminar untuk peningkatan pendidikan keluarga dan kapasitas pendidik terkait kesehatan serta tumbuh kembang anak di Hotel Dafam Pekalongan, Senin (10/1/2022).

Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya mengapresiasi kegiatan yang diadakan RS HA Zaky Djunaid,

Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya saat menghadiri seminar peningkatan pendidikan keluarga dan kapasitas pendidik terkait kesehatan serta tumbuh kembang anak di Hotel Dafam Pekalongan, Senin (10/1/2022)
Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya saat menghadiri seminar peningkatan pendidikan keluarga dan kapasitas pendidik terkait kesehatan serta tumbuh kembang anak di Hotel Dafam Pekalongan, Senin (10/1/2022) (Kominfo Kota Pekalongan)

Menurutnya dengan adanya seminar ini para orangtua dan tenaga pendidik bisa mendapatkan informasi serta pengetahuan tambahan dalam melakukan upaya-upaya untuk menyiapkan pondasi dan mengoptimalkan tumbuh kembang pada anak.

"Kasus keterlambatan dan kelainan tumbuh kembang pada anak saat ini masih banyak, ada anak yang stunting, ada anak yang depresi karena mengalami kasus kekerasan yang mengganggu kejiwaan yang sang anak," kata Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya.

Usia emas adalah usia yang dimana seorang anak dapat mengoptimalkan tumbuh kembang mereka, meliputi perkembangan fisik, perkembangan kemampuan struktur dan fungsi tubuh maupun perkembangan psikis sang anak.

Kedua hal tersebut sudah menjadi kewajiban orang tua dan tenaga pendidik untuk memperhatikan dan melakukan upaya agar tidak terjadi keterlambatan perkembangan tumbuh kembang.

"Dilihat dari perkembangannya, kasus keterlambatan dan kelainan tumbuh kembang pada anak masih terhitung banyak," imbuhnya.

Melihat kasus keterlambatan dan kelainan tumbuh kembang pada anak, Bunda PAUD mengajak orangtua, lembaga satuan pendidikan, dan masyarakat untuk mencari tambahan pengetahuan atau informasi serta memperhatikan tumbuh kembang anak sejak dini, sehingga jika ditemukan kasus tersebut, seorang anak mendapatkan penanganan intensif sejak dini.

"Mulai 1000 hari kelahiran anak harus sudah diperhatikan, anak-anak wajib mendapatkan hak-haknya, hak pendidikan, hak kesehatan dan hak perlindungan," tambahnya.

Sementara itu Direktur RS HA Zaky Djunaid dr. Emy Widyarti menyampaikan narasumber yang hadir dalam seminar yaitu dr. Rendy Yoga spesialis anak dan dr. Yulianti spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dari RS HA Zaky Djunaid. 

"Melalui seminar ini, kami mencoba membantu masyarakat yang awam terhadap kelainan perkembangan anak sehingga mereka benar-benar mulai memperhatikan perkembangan anak-anak sejak usia dini," tambahnya. (Dro)

Baca juga: Kemenkeu Kaji Perpanjangan Sejumlah Insentif Pajak

Baca juga: BERITA LENGKAP :  Proses Tahapan Seleksi Masuk PTN Jalur SNMPTN Dimulai

Baca juga: Infeksi Covid-19 di Australia Tembus 1 Juta Kasus, Omicron Jadi Dalangnya

Baca juga: Pelatih Liverpool Juergen Klopp: Hanya Satu Pemain yang Benar-benar Positif Covid-19

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved