Breaking News:

Liputan Khusus

BERITA LENGKAP :  Proses Tahapan Seleksi Masuk PTN Jalur SNMPTN Dimulai

Sebagian besar orangtua siswa ingin anaknya bisa masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes, alias melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN)

Dok. Kompas.com
Ilustrasi SNMPTN 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Sebagian besar orangtua siswa ingin anaknya bisa masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes, alias melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN).

Apabila tidak lolos melalui SNMPTN masih ada kesempatan melalui tes yaitu Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) atau dulu dikenal istilah Sipenmaru alias UMPTN.

Agar siswa bisa berkemungkinan diterima PTN melalui jalur SNMPTN tanpa tes maka sekolah harus proaktif. Apalagi tahapan SNMPTN 2022 sudah dimulai.

Yaitu tahap Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk SNMPTN 2022 sudah dibuka 8 Januari dan ditutup 8 Februari 2022.

Pengisian ini dilakukan agar para siswa eligible (yang berhak) bisa melanjutkan pendaftaran.

Pengisian PDSS merekam data nilai rapor siswa yang memenuhi syarat melamar SNMPTN 2022. Kebenaran data yang diisikan di PDSS merupakan tanggung jawab kepala sekolah masing-masing.

Terkait hal ini Tribunjateng.com melakukan penelusuran ke kampus-kampus negeri di Jateng terutama di Semarang, Solo dan Purwokerto.

Konsultasi senior

Pendaftaran SNMPTN di perguruan tinggi tahun 2022 dibuka 14-28 Februari. Artinya, sebelum tanggal tersebut, pihak sekolah sudah harus memasukkan data PDSS.

Bukan hal yang mudah untuk bisa lolos dalam seleksi SNMPTN.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved