Breaking News:

Berita Semarang

Penjualan Pand's Mulai Membaik di Era Pandemi Awal Tahun Ini

Toko busana muslim, Pand's, yang terletak di Jalan Pandanaran Semarang, mencatat dampak signifikan

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: Catur waskito Edy
TRIBUN JATENG/RIVAL AL MANAF
Karyawan Pand’s Muslim Department Store menunjukan koleksi busana muslim terbaru jelang Ramadan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Toko busana muslim, Pand's, yang terletak di Jalan Pandanaran Semarang, mencatat dampak signifikan dari pandemi covid-19 bagi bisnis yang bergerak di bidang fesyen tersebut.

Terhitung sejak 2020, Mohammad Zaqi Direktur Pands Semarang, menyatakan, penjualan busana muslim Pand's mengalami penurunan drastis. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) membuat pihaknya kesulitan dalam menjangkau pasar.

"Jelas turun jauh (penjualan-Red), karena memang kedatangan para pelanggan ke toko juga berkurang.

Saat PPKM turun lagi. Penurunan pada 2020 sampai 50 persen," katanya, kepada Tribun Jateng, Selasa (11/1).

Menurut dia, pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi untuk tetap bertahan. Yakni dengan memaksimalkan penjualan secara daring atau online. Namun, penjualan secara daring hanya mampu memberikan kontribusi sekitar 5-10 persen.

"Layanan online tentu sudah kami antisipasi sejak awal. Kami kemudian terus berinovasi, untuk secara online pun tetap bisa diperoleh para member," tuturnya.

Meski demikian, Zaqi menyatakan, pada 2021 terhitung lebih baik dibandingkan dengan 2020. Hingga awal 2022 ini, ia menyebut kondisi menuju normal, di mana kini mencapai 60 persen.

Ia berharap penjualan akan terus meningkat, terlebih nanti saat memasuki Ramadan hingga berlanjut Idulfitri, di mana biasanya terjadi peningkatan penjualan mencapai dua hingga tiga kali lipat dari kondisi normal.

"Menuju pulih masih jauh, sekarang di angka 60 persen (dari normal-Red), karena ini merupakan bisnis yang bergerak di bidang fesyen, tidak seperti sektor lain.

Ramadan kami berharap tidak ada pembatasan lagi sampai selanjutnya, karena ini juga saya lihat sudah semakin baik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved