Bea Cukai Tanjung Emas

Kuartal I 2022, Bea Cukai Tanjung Emas Raih Pertumbuhan Total Realisasi Penerimaan 25,12 Persen

Mengawali kuartal pertama tahun 2022, total penerimaan yang berhasil dikumpulkan oleh Bea Cukai Tanjung Emas sebesar 2,87 Triliun Rupiah.

Editor: abduh imanulhaq
BEA CUKAI TANJUNG EMAS
Kuartal I 2022, Bea Cukai Tanjung Emas Raih Pertumbuhan Total Realisasi Penerimaan Sebesar 25,12% 

TRIBUNJATENG.COM - Mengawali kuartal pertama tahun 2022, total penerimaan yang berhasil dikumpulkan oleh Bea Cukai Tanjung Emas sebesar 2,87 Triliun Rupiah, mengalami pertumbuhan 25,12 persen persen dari data Kuartal I tahun 2021.

Yang terdiri dari penerimaan Bea Masuk sebesar 368.89 Milyar Rupiah, Bea Keluar sebesar 26.87 Milyar Rupiah, dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) sebesar 2,47 Triliun Rupiah.

Capaian ini berhasil lampaui 107,51 persen dari target trajectory penerimaan APBN kuartal pertama tahun 2022.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin mengungkapkan bahwa, “Berbagai strategi kami upayakan untuk meraih target penerimaan negara, melihat tren terus positif ditambah dengan dukungan seluruh stakeholder, pengguna jasa dan masyarakat, kami yakin target dapat tercapai seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami harap dapat memberikan kontribusi positif untuk peningkatan dan pertumbuhan ekonomi, terutama di Jawa Tengah.”

Pelabuhan tanjung emas juga mencatatkan pertumbuhan ekspor 12,7 persen dibandingkan Kuartal I 2021 yang didukung kenaikan ekspor komoditi unggulan di Jawa Tengah dan sektor manufaktur yang masih tumbuh kuat seperti komoditi furniture, garment, sepatu dan alas kaki, kayu semi olahan.

Selanjutnya, importasi didominasi oleh jenis barang input (bahan baku dan barang modal) yang mencerminkan berlanjutnya penguatan aktivitas produksi.

Sejak tahun 2020 sampai dengan saat ini, Bea Cukai Tanjung Emas telah berusaha menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder di Pelabuhan Tanjung Emas untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian, terutama terkait pelaksanaan program National Logistic Ecosystem.

Inovasi Layanan di Pelabuhan Tanjung Emas ini juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja logistik dan global competitiveness Jawa Tengah. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved