Wawancara Khusus

Jungkir Balik Gibran Naikkan Pertumbuhan Ekonomi Solo dari Minus 1,74 Persen setelah Jadi Wali Kota

Makanya diakhir tahun ini kita selesaikan semua. Jadi mungkin 2023-2024 hasilnya sudah kelihatan dan kita sudah berani bersaing dengan kota-kota lain.

Editor: rustam aji
TRIBUN JATENG/MUHAMMAD SHOLEKAN
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pandemi Covid-19 melumpuhkan perekonomian di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan Kota Solo tak luput dari efek virus yang ditemukan di Wuhan, China tersebut.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka harus merasakan imbasnya. Baru dilantik sebagai orang nomor satu di Kota Bengawan, dia mendapati pertumbuhan ekonomi sudah minus 1,74 persen.

Hal ini diungkapkan Gibran saat diwawancarai khusus oleh Direktur Pemberitaan Tribunnetwork Febby Mahendra Putra, Kamis (12/5/2022).

"Jadi waktu saya dilantik itu memang keadaan serba susah. Pertumbuhan ekonomi sudah minus 1,74 persen," kata Gibran.

Dikatakan Gibran selama setahun pertama menjabat, dirinya benar-benar tengah diuji akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung hilang dari dunia.

"Selain (varian) Delta kita juga dipukul Omicron, jadi memang kita benar-benar ditempa ya ditahun pertama. Benar-benar diuji, tantangannya banyak sekali," katanya.

Berikut wawancara khusus Gibran selengkapnya :

Waktu menjadi Walikota Solo, kita menghadapi bencana Covid-19 yang melumpuhkan Republik ini, termasuk Solo. Apa yang dirasakan?

Jadi waktu saya dilantik itu memang keadaan serba susah. Pertumbuhan ekonomi sudah minus 1,74. Selain delta kita juga dipukul omicron, jadi memang kita benar-benar ditempa ya di tahun pertama. Benar-benar diuji, tantangannya banyak sekali.

Anggaran pun banyak sekali yang di-refocussing. Ya di tahun pertama kita benar-benar ditempa lah. Tapi sekarang keadaan sudah mulai membaik.

Dari tahun lalu kita minus 1,74 sekarang sudah pertumbuhan ekonominya diatas 4 persen. Jadi diatas rata-rata Jawa Tengah.

Sudah sangat baik, UMKM sudah mulai bangkit lagi, hotel-hotel okupansinya mulai penuh, jadi sudah mulai kelihatan lah perbaikannya. Dan percepatan pemulihan ekonomi menjadi salah satu fokus kita di tahun ini.

Crucial poin pada waktu varian Delta menyerang kan setelah lebaran. Saat ini juga setelah lebaran, apakah akan muncul seperti itu? Apa antisipasinya?

Ya saya waktu itu dilantik hari Jumat. Besoknya atau Sabtu kita terjun langsung untuk memulai vaksinasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved