Wawancara Khusus

Khairul Anwar: Peradi Kota Semarang Berupaya 700 Advokat Bisa Teregistrasi di 2022

Prioritas kedua menyempurnakan database anggota DPC Peradi Semarang. 951 yang teregister sisanya mana yang 700.

Khairul Anwar: Peradi Kota Semarang Berupaya 700 Advokat Bisa Teregistrasi di 2022
tribun jateng
Khairul Anwar | Ketua DPC Peradi Semarang

TRIBUNJATENG.COM - Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Peradi Kota Semarang, Khairul Anwar hadir di studio Tribun Jateng dalam program Tribun Topic. Dipandu host Elyn Windiyastuti, Khairul Anwar yang baru saja terpilih sebagai Ketua DPC Peradi Kota Semarang ini memaparkan panjang lebar mengenai Peradi, Kamis (30/5/2022).

Video Tribun Topic tayang di media sosial Tribunjateng, dan kali ini disajikan kepada pembaca Tribunjateng.com , yang ditulis oleh reporter Rahdyan Trijoko Pamungkas. Berikut petikan wawancaranya.

Mas bisa dijelaskan tentang Peradi?

Peradi adalah organisasi profesi advokat. Sejarah Peradi adalah berkumpulnya organisasi advokat kurang lebih 8 organisasi.

Organisasi profesi ini menyatukan diri untuk sebuah organisasi tunggal sekitar tahun 2003. Saat itu berkomunikasi dengan pemerintah dan munculah UU Nomor 18 tahun 2003 tentang advokat.

Itulah sejarah profesi advokat.

Paska terbitnya UU itu, memerintahkan kepada pendiri 8 organisasi profesi advokat untuk membentuk wadah tunggal hingga 2 tahun ke depan.

Tahun 2005 harus terbit wadah tunggal profesi advokat. Untuk menjalakan roda organisasi advokat dibentuklah Komite Kerja Asosiasi Advokat (KKAI) pada saat itu.

Akhirnya pada tahun 2005 terbentuklah Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Apa tujuan dibentuknya Peradi?

Tujuan dibentuk Peradi adalah untuk kepentingan internal anggota seluruh Advokat. Apapun organisasi asalnya dalam wadah tunggal yaitu Peradi.

Kemudian eksternal untuk kepentingan masyarakat. Agar masyarakat yang dirugikan tahu dimana mengadunya dan bisa mengecek di Peradi.

Bagaimana cara mengecek keabsahan pengacara?

Zaman dulu bisa berkirim surat. Sekarang silakan cek di website. Jadi anggota bisa ngecek masyarakat juga bisa ngecek di website Peradi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved