Dico Pastikan Revitalisasi Alun-alun Kaliwungu Kendal Rampung Tahun 2022

Rencana program revitalisasi alun-alun Kaliwungu, Kabupaten Kendal menjadi tanda tanya masyarakat sekitar.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Alun-alun Kaliwungu Kendal dipadati sejumlah pedagang kaki lima, Rabu (26/1/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Rencana program revitalisasi alun-alun Kaliwungu, Kabupaten Kendal menjadi tanda tanya masyarakat sekitar.

Pasalnya, program tersebut sedianya berjalan pada 2020 lalu dan diundur pada 2021. Namun, hingga Juni 2022, alun-alun yang menjadi pusat keramaian di Kaliwungu tersebut belum disentuh.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto memastikan, program revilatisasi alun-alun Kaliwungu bakal terlaksana dan rampung pada tahun ini. 

Katanya, program ini bakal menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Kendal yang akan dikawal terus. Dalam rangka mengembalikan fungsi alun-alun sebagai ruang publik dan ruang terbuka hijau (RTH), bukan pusat perdagangan.

"Rencana juga akan dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk memperindah alun-alun Kaliwungu. Dalam waktu dekat ini akan mulai dikerjakan. Supaya Kaliwungu bisa terlihat lebih indah dan lebih baik lagi," terangnya dalam sesi dialog dengan tokoh masyarakat, usai Salat Jumat di Masjid Agung Kaliwungu, Jumat (3/6/2022).

Alun-alun Kaliwungu rencananya tidak lagi dijadikan tempat perdagangan. Melainkan sebagai ruang publik masyarakat dan kegiatan-kegiatan keagamaan agar dapat menunjang Kaliwungu yang dikenal sebagai kota santri.

Dico menegaskan, dalam upaya merealisasikan program ini perlu dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Kaliwungu.

Pihaknya bakal menyediakan tempat yang layak untuk pedagang kakilima di kawasan alun-alun supaya berjualan di eks Kawedanan Kaliwungu. Yaitu berlokasi di sebelah selatan alun-alun Kaliwungu. 

Program ini menurut Dico, dapat menambah sarana rekreasi, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, dan menciptakan ikon Kendal di Kecamatan Kaliwungu.

"Setelah ini terbangun, kebersihannya nanti dijaga sebaik mungkin bersama-sama. Sebab, keindahan itu tidak hanya pada bangunan yang bagus, tapi juga bersih dan bebas dari sampah," harapnya. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kendal, Asroi Tohir menyambut baik niat Pemerintah Kabupaten Kendal dalam rangka merevitalisasi alun-alun Kaliwungu.

Dia meminta kepada para pengurus Masjid Al-Mutaqin dan para pemangku wilayah Kaliwungu, untuk ikut serta mendukung program tersebut. Dengan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat dan pedagang terkait rencana penataan alun-alun Kaliwungu.

"Dimohon bisa memberikan pengertian kepada para pedagang yang berjualan, supaya pembangunan revitalisasi ini nantinya dapat berjalan baik. Sebab, manfaatnya akan kembali kepada masyarakat Kaliwungu," tuturnya. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved