Wawancara Khusus

Sekretaris Muslimat NU Kota Semarang Maksimalkan Potensi Banyak Ormas dengan Silaturahmi

Kami bareng-bareng punya kegiatan. Belum lama ini, kami mengadakan Ormas Awards.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: rustam aji
tribun jateng
Koordinator Bidang Sosial Budaya FKSB Kota Semarang yang juga Sekretaris Muslimat NU Kota Semarang, Dwi Supratiwi hadir di Studio Tribun Jateng dalam acara Tribun Topic. 

TRIBUNJATENG.COM - FKSB atau Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu menjadi wadah bagi ormas-ormas di Kota Semarang untuk bersinergi bersama menjadikan Kota Semarang semakin hebat.

Koordinator Bidang Sosial Budaya FKSB Kota Semarang yang juga Sekretaris Muslimat NU Kota Semarang, Dwi Supratiwi hadir di Studio Tribun Jateng dalam acara Tribun Topic.

Dipandu oleh host Elyn Windiyastuti, Mbak Tiwi demikian panggilan akrabnya menjabarkan tentang FKSB dan apa saja kiprahnya di Kota Semarang.

Video Tribun Topic telah tayang di media sosial Tribunjateng, dan kali ini disajikan kepada pembaca Tribun Jateng yang disadur oleh reporter Eka Yuliyanti Fajlin. Berikut petikan wawancaranya.

Mbak Tiwi sekarang sibuk apa?

Saya sibuk di bidang sosial. Selain di FKSB dan Muslimat NU, kebetulan saya termasuk tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) yang mengurusi 26 penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), antara lain warga miskin, orang telantar, pengemis, gelandangan, difabel, dan lain-lain.

FKSB itu apa ya Mbak?

FKSB adalah Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu. Forum ini dibentuk sejak 2015 oleh sekumpulan organisasi masyarakat yang ada di Kota Semarang.

Dulu, Mas Arnaz Agung Andrarasmara (Ketua Kadin dan Ketua Baznas Kota Semarang) yang membentuk. Saat itu, ada pemikiran bahwa ormas bisa bersinergi bersama untuk Kota Semarang semakin hebat.

FKSB ini hanya ada di Semarang. Mudah-mudahan ini bisa jadi pilot project untuk kota-kota lainnya.

Apa tujuan FKSB?

Menjalin silaturahmi. Selama ini, ormas sibuk dengan kegiatan masing-masing, ngopeni sendiri-sendiri tanpa mengetahui ormas lain punya potensi sumber yang lainnya. Jadi, silaturahmi ini penting, bisa menambah pengetahuan, saudara.

Siapa saja yang ikut FKSB?

Sudah ada sekitar 80 ormas yang tergabung. Bahkan kemarin saat Ormas Awards ada 108. Ada ormas dan komunitas. Ormas terdaftar 65, kemudian ada komunitas lain ikut gabung FKSB.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved