Berita Pati

Pemkab Pati Berharap Pemprov Jateng Ikut "Patungan" untuk Penyelenggaraan Pilkada 2024

Pemkab Pati harapkan adanya pembiayaan bersama dengan Pemerintah Provinsi Jateng.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto ketika diwawancarai TribunJateng.com usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Pati, Senin (11/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemerintah Kabupaten Pati mengharapkan adanya pembiayaan bersama (sharing cost) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hal ini lantaran jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati bersamaan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, yakni 27 November 2024.

“Dengan kesamaan jadwal ini, diharapkan ada cost sharing. Beberapa pos anggaran dapat ditanggung juga oleh Pemprov Jateng, sehingga Pemkab Pati dapat menghemat anggaran,” ujar Bupati Pati Haryanto dalam forum Rapat Paripurna di Gedung DPRD Pati, Senin (11/7/2022).

Ia menambahkan, sesuai usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan unsur keamanan, biaya penyelenggaran Bupati dan Wakil Bupati Pati 2024 diperkirakan mencapai Rp 70 miliar.

Biaya tersebut sudah disesuaikan dengan standar harga dari pemerintah, termasuk memperhitungkan apabila terjadi kenaikan harga.

Namun demikian, dalam Rancangan Perda mengenai Dana Cadangan Pilbup 2024, Pemkab Pati mengusulkan alokasi anggaran sebesar Rp 45 miliar. Besaran tersebut disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Dana sebesar Rp 45 miliar tersebut dialokasikan dalam dua tahun. Rp 10 miliar dari Perubahan APBD 2022 dan Rp 35 milar dari APBD 2023.

“Sedangkan kekurangan terhadap biaya penyelenggaraan pemilihan akan dibebankan pada APBD 2024,” jelas Haryanto. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved