Berita Pati

Mudahkan Izin Usaha, Pemkab Pati Luncurkan Gerai Sunday Morning Service

Bupati Pati Haryanto meluncurkan Gerai Sunday Morning Service (SMS), Minggu (17/7/2022). Ia menyebut bahwa layanan untuk mempermudah pelayanan perizi

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: m nur huda
Prokompim Setda Kabupaten Pati
Bupati Pati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin meluncurkan Gerai Sunday Morning Service (SMS) untuk mempermudah pelayanan perizinan berusaha, Minggu (17/7/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto meluncurkan Gerai Sunday Morning Service (SMS), Minggu (17/7/2022).

Ia menyebut bahwa layanan untuk mempermudah pelayanan perizinan berusaha ini gratis bagi masyarakat.

Hal itu ia sampaikan dalam peluncuran SMS di depan kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), kompleks Alun-Alun Pati. 

Bupati bersama Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekretaris Daerah Pati Jumani, dan Kepala DPMPTSP Riyoso secara simbolis melepaskan balon sebagai tanda bahwa gerai SMS resmi diberlakukan. 

Haryanto mengatakan bahwa peluncuran gerai SMS ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan perizinan berusaha. 


Hal itu, lanjutnya, juga dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan usaha kepada masyarakat agar roda perekonomian di wilayah kabupaten Pati dapat kembali tumbuh dan bergeliat.


“Jadi untuk pelayanan perizinan itu kan sudah dipusatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP). Kemudian ada keluhan-keluhan yang harus kita bantu, jadi DPMPTSP ini memfasilitasi, jangan sampai ada keluhan-keluhan mengurus perizinan yang dipersulit. Kita sudah luar biasa memberikan kemudahan, izin tidak ada yang bayar alias gratis. Baik itu investasi apapun, kecuali itu resmi," ujar Haryanto dalam rilis Prokompim Setda Kabupaten Pati.


Selain mengurus perizinan berusaha, Haryanto menyebut gerai Sunday Morning Service (SMS) ini juga melayani beberapa perizinan lain, di antaranya fasilitas Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Usaha Mikro Kecil (UMK), lalu ada NIB Drive Thru dimana pendaftarannya melalui bit.ly/drivethruosscepet. 


Selain itu terdapat konsultasi perizinan berusaha berbasis resiko (OSS RBA), konsultasi Laporan Kegiatan Penanaman modal (LKPM), dan masyarakat juga bisa melakukan pengaduan terkait kendala perizinan melalui nomor pengaduan di nomor WhatsApp 081336360788. 


Bupati Haryanto berharap agar layanan SMS ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna menumbuhkan perekonomian di Pati. Dan jika dalam mengurus perizinan, masyarakat menemukan kesulitan-kesulitan maka petugas dari DPMPTSP akan memandu pelayanan yang diajukan.


“Oleh karena itu, pagi hari ini kita launching, kita sosialisasikan kepada masyarakat bahwa layanan perizinan kita dari dulu tidak main-main. Termasuk investor dan lain-lain kalau merasa terganggu, merasa dipersulit laporkan kepada saya, laporkan kepada pak wakil dan laporkan kepada pak Sekda dan semuanya. Nanti akan kita atasi," tegasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin usai melepaskan balon peluncuran program SMS menyebut jika saat ini pemerintah sangat membuka lebar program-progam pelayanan untuk mempermudah izin berusaha bagi masyarakat.


“Sehingga melalui program aplikasi Sunday Morning Service ini kita bisa lebih mudah mengurus izin-izin usaha, yang saat ini sudah terpusat di Mall pelayanan Publik dan tentunya ini gratis. Perekonomian kita, UMKM kita harus tumbuh. Untuk itu kita sama-sama harus membantunya,” kata dia. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved