Pesawat Jatuh di Blora

Kotak Hitam Pesawat T-50i Golden Eagle yang Jatuh di Blora Akhirnya Ditemukan

Lokasi jatuhnya pesawat yang diterbangkan oleh Lettu Pnb Allan Safitra Indera W ini berada di tengah hutan yang memang sulit untuk mencapainya

Penulis: ahmad mustakim | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Usai proses evakuasi dihentikan pada Selasa (19/7/2022) dini hari, petugas gabungan kemudian melanjutkan proses pencarian puing-puing pesawat tempur T-50i Golden Eagle pada keesokan harinya.

Lokasi jatuhnya pesawat yang diterbangkan oleh Lettu Pnb Allan Safitra Indera W ini berada di tengah hutan yang memang sulit untuk mencapainya.

Evakuasi dan pencarian puing-puing pesawat TNI AU jenis T-50i di hutan wilayah Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah kembali dilanjutkan.
Evakuasi dan pencarian puing-puing pesawat TNI AU jenis T-50i di hutan wilayah Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah kembali dilanjutkan. (TribunJateng.com/Ahmad Mustakim)

Tepatnya di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Namun, setelah petugas gabungan terus mencari, akhirnya kotak hitam atau black box yang menjadi incaran diketemukan.

Baca juga: Bocah Jalal Terpental 9 Meter saat Kecelakaan Maut Cibubur, Akan Dibawa ke Purworejo, Ini Kondisinya

Baca juga: Video Evakuasi dan Pencarian Puing-puing Pesawat TNI AU T-50i Jatuh di Blora, Warga dengar Ledakan

Adapun butuh sekitar dua jam pencarian, akhirnya kotak yang diduga blackbox berhasil ditemukan.

"Tutupin tutupin," ucap petugas yang membawa kotak tersebut sembari menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) jatuhnya pesawat tersebut, Selasa (19/7/2022).

Sebelum kotak tersebut ditemukan, sejumlah warga sekitar juga ikut mencari dan mengumpulkan serpihan-serpihan pesawat yang jaraknya sekitar 500 meter dari TKP.

Tak berselang lama, petugas juga menemukan kotak berwarna oranye dengan ukuran yang lebih kecil

Usai proses evakuasi dihentikan pada Selasa (19/7/2022) dini hari, petugas gabungan kemudian melanjutkan proses pencarian puing-puing pesawat tempur T-50i Golden Eagle pada keesokan harinya dan menemukan black box atau kotak hitam.
Usai proses evakuasi dihentikan pada Selasa (19/7/2022) dini hari, petugas gabungan kemudian melanjutkan proses pencarian puing-puing pesawat tempur T-50i Golden Eagle pada keesokan harinya dan menemukan black box atau kotak hitam. (TribunJateng.com/Ahmad Mustakim)

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pihak berwenang yang dapat dimintai keterangan terkait penemuan dua kotak tersebut.

Diketahui, Pesawat T-50i Golden Eagle diterbangkan oleh Lettu Pnb Allan Safitra Indera W mengalami kecelakaan saat latihan night tactical intercept.

Pesawat tail number TT-5009 take off dari Lanud Iswahjudi pukul 18.24 WIB. Kemudian pilot pesawat T-50 i Golden Eagle terakhir melakukan kontak dengan flight director pada pukul 19.25 WIB.

Selanjutnya, pukul 19.25 WIB, pilot masih melakukan kontak dengan flight director. Namun setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak.

Dari aparat kewilayahan, dan masyarakat Nginggil, kecamatan Kradenan, Blora Jawa Tengah, terkonfirmasi adanya serpihan logam yang diduga lokasi jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle. (kim)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved