Berita Kota Tegal

71 Personel Calon Paskibra Tahun 2022 Kota Tegal Mulai Digembleng

Anggota Paskibra, lanjut Kadisporapar, adalah siswa-siswi terpilih yang  mempunyai talenta kepribadian, kemampuan, dan kecerdasan

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
Humas Polres Tegal Kota
Foto prosesi penyematan tanda peserta, pada Upacara pembukaan pelatihan Paskibra bertempat di Stadion Yos Sudarso Kota Tegal, Kamis (28/7/2022 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Sebanyak 71 orang siswa-siswi pilihan dari SMA/SMK/Sederajat se Kota Tegal resmi mengikuti Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun 2022 tingkat Kota Tegal.

Pembukaan pelatihan Paskibra secara resmi dilakukan melalui prosesi penyematan tanda peserta, pada Upacara pembukaan pelatihan Paskibra bertempat di Stadion Yos Sudarso Kota Tegal, Kamis (28/7/2022). 

Sebanyak 71 orang calon Paskibra tersebut merupakan siswa-siswi pilihan hasil seleksi yang dilaksanakan pada bulan Maret 2022 yang lalu.

Nantinya mereka akan dilatih oleh enam orang pelatih yang berasal dari Polres Tegal Kota, Kodim 0712 Tegal, dan Lanal Tegal.

Latihan Paskibra Kota Tegal sendiri akan berlangsung selama 15 hari, dimulai terhitung dari tanggal 27 Juli sampai 14 Agustus 2022.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kota Tegal, Irkar Yuswan, dalam amanatnya saat menjadi pembina upacara pembukaan pelatihan paskibra menyampaikan, terpilihnya siswa-siswi menjadi anggota paskibra Kota Tegal merupakan hal yang harus disyukuri.

"Siswa-siswi calon paskibra semua harus bersyukur, karena tidak semua pelajar di Kota Tegal bisa mendapat kesempatan seperti ini. Kalian sudah lolos dan terpilih dalam seleksi calon paskibra tahun 2022, karenanya wajib untuk disyukuri," ujar Yuswan, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (29/7/2022). 

Anggota Paskibra, lanjut Kadisporapar, adalah siswa-siswi terpilih yang  mempunyai talenta kepribadian, kemampuan, dan kecerdasan.

Oleh karena itu, yang dibutuhkan sebagai anggota paskibra tidak hanya membutuhkan kekuatan fisik, tetapi juga kemampuan dan kecerdasan yang teruji.

"Yang terpilih menjadi paksibra harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan pilihan, beretika tinggi, dan berbudi luhur, serta memiliki wawasan kebangsaan,” imbuhnya.

Selain itu, kepada seluruh anggota paskibra terpilih, Yuswan berpesan agar sebagai anggota paskibra harus memiliki karakter dan berjiwa merah putih, siap mengabdi dan berbakti bagi bangsa, dan negara Indonesia.  

"Pesan saya kepada para calon paskibra tahun 2022, laksanakan tugas dan tanggungjawab yang sudah diamanatkan kepada kalian dengan dedikasi dan loyalitas, disiplin serta rasa tanggungjawab yang tinggi. Taati apa yang sudah menjadi aturan sebagai calon paskibra dan apa yang sudah diajarkan oleh para pelatih," pesannya. 

Adapun usai menjalani latihan selama 15 hari kedepan, 71 peserta pelatihan paskibra tersebut nantinya akan dikukuhkan menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Tegal pada tanggal 15 Agustus 2022.

Selanjutnya mereka akan memasuki karantina selama satu hari satu malam, untuk persiapan melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan bendera merah putih, pada upacara peringatan HUT Ke-77 RI tahun 2022 di jalan Pancasila Kota Tegal. (dta) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved