Berita Batang

BPLK Semarang Nilai BLK Batang Penuhi Standar Kriteria UJK 

BLK Kabupaten Batang mendapatkan kunjungan dari Lembaga Sertifikasi Profesi BBPLK.

Penulis: dina indriani | Editor: sujarwo
Dok. Diskominfo Batang
Perwakilan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang saat verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di SMK 1 Warungasem Kabupaten Batang, Rabu (3/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Batang mendapatkan kunjungan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang untuk verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di SMK 1 Warungasem Kabupaten Batang, Rabu (3/8/2022).

Kunjungan yang dilakukan ada 4 lokasi yaitu BLK Kabupaten Batang, SMK Bhakti Praja, SMK 1 Warungasem dan SMK 1 Blado yang masing-masing sekolah dipakai untuk lokasi pelatihan dari BLK Kabupaten Batang.

Verifikator BBPLK Semarang Awan mengatakan dengan adanya verifikasi ini, BLK Kabupaten Batang dapat meningkatkan kualitas dalam penambahan lini TUK pada pelatihan yang dilakukan.

“Setelah kita melakukan pengecekan tadi hasilnya sangat bagus terutama yang di lokasi SMK 1 Warungasem, sarana prasarana lengkap dan memenuhi syarat seperti pelatihan peralatan pendingin sendiri sudah menjadi TUK.

Karena sudah dibantu oleh perusahaan pendinginnya secara langsung,” tuturnya dalam keterangan rilis kepad Tribunjateng.com.

Lebih lanjut, dikatakannya standar alat yang digunakan di pelatihan BLK Batang sudah memenuhi kriteria sebagai tempat Uji Kompetensi (UJK) pelatihan.

Perwakilan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang saat verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di SMK 1 Warungasem Kabupaten Batang, Rabu (3/8/2022).
Perwakilan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang saat verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di SMK 1 Warungasem Kabupaten Batang, Rabu (3/8/2022). (Dok. Diskominfo Batang)

Tujuannya, verifikasi dilakukan sebelum uji kompetensi untuk memastikan peralatan itu sudah mencukupi standar minimal. 

"Karena kalau tidak memenuhi standar minimal bukti dari sertifikasi tidak muncul semuanya yang disebabkan kekurangan kesediaan alat, dan melihat verifikasi hari ini pelatihan yang diadakan BLK Batang kesediaan alat sangat lengkap yang biasanya dibeberapa daerah kurang lengkap tapi di Kabupaten Batang bisa lengkap,” ujarnya.

Ia berharap, BLK Kabupaten Batang terus meningkatkan ketersediaan peralatan pelatihan untuk mengoptimalkan kualitas infrastruktur. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved