Berita Salatiga

Peringati HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Sinoeng Ingatkan Jaga Kerukunan Bersama

Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi pimpin upacara peringatan HUT Ke-77 RI di Lapangan Pancasila Kota Salatiga.

Tribunjateng.com/Humas Pemkot Salatiga.
Sinoeng saat memimpin upacara bendera memperingati HUT Ke-77 RI di Lapangan Pancasila Kota Salatiga, Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi pimpin upacara peringatan HUT Ke-77 RI di Lapangan Pancasila Kota Salatiga.

Menurutnya, sudah 77 tahun kita diajari bahwa negara memberi kebebasan kepada kita semua untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut kepercayaannya.

Ketiga negara sudah memberi jaminan seperti itu, kenapa justru ada orang yang mempersempit dengan memasang kawat berduri dalam kebhinekaan.

“Lagi-lagi kata kuncinya adalah jas merah, jangan sekali kali melupakan sejarah,” kata Sinoeng kepada Tribunjateng.com, Rabu (17/8/2022).

“Sejarah adalah tauladan lengkap, kacabenggala besar bagi kita untuk merumuskan dan menentukan sikap hari ini sekaligus menata cita untuk masa depan,” imbuhnya.

Negara Indonesia didirikan bukan untuk satu suku, bukan untuk satu ras, agama maupun golongan.

Negara Kesatuan Republik Indonesia ini berdiri di atas kaki semua.

“Memang menyakitkan, jika saat ini kita masih melihat polarisasi dalam kehidupan kebhinekaan, ibarat punya ladang dengan tanduran ijo royo-royo, kita pasti tidak rela jika beberapa pohon diserang hama,” ungkapnya.

“Kita pasti  tidak bisa membiarkan hama itu semakin meluas, menyerang tanduran sehingga kita gagal panen rugi bahkan memupuskan harapan kita sebagai petani, maka pupuk harus kita tebar, obat pembasmi hama harus kira semprotkan demi kemakmuran,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan dengan tegas bahwa, kerukunan di dalam masyarakat harus kita jaga terus agar tercipta kemakmuran dan kesejahteraan bersama.

“Saya salut dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh saudaraku di Jawa Tengah yang selama ini tetep guyub rukun, saling ngajeni dan handarbeni, agar kita meraih kemerdekaan yang sesungguhnya,” pungkasnya. (han)

Baca juga: 719 Warga Binaan di Lapas Kelas I Semarang Terima Remisi Kemerdekaan 

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Demak-Jepara Diprediksi Akan Lewati 5 Kecamatan Ini

Baca juga: FE Unnes Adakan Konferensi Internasional Kelima Secara Daring, Forum Ilmiah untuk Bertukar Gagasan

Baca juga: PPP Blora Targetkan 7 Kursi di Pileg 2024

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved