Berita Kudus

Gandeng Paguyuban Pedagang, BPJS Kesehatan Kudus Tawarkan Pembayaran Iuran Mulai Rp 1.200/Hari

BPJS Kesehatan Kudus berin kemudahan bagi para pedagang untuk mendapatkan JKN.

Penulis: raka f pujangga | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Raka F Pujangga
BPJS Kesehatan Kabupaten Kudus menerjunkan Mobile Customer Service (MCS) di Pasar Rakyat Kudus, Selasa (30/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Kudus memberikan kemudahan bagi para pedagang untuk mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Melalui kerjasama dengan Paguyuban Pedagang Pasar Rakyat Kudus, BPJS Kesehatan Cabang Kudus melakukan pilot project dengan memberikan kemudahan untuk pembayaran iuran jaminan kesehatan melalui skema khusus.

Pembayaran iuran tersebut bekerjasama dengan paguyuban pedagang guna memberikan simplifikasi layanan kesehatan agar para pedagang tidak kesulitan untuk memperoleh layanan kesehatan.

“Skema pembayaran iuran ke paguyuban yang ditawarkan ke pedagang bisa bulanan, mingguan, atau harian menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Nanti pembayarannya secara kolektif lewat paguyuban,” ujar dia, saat ditemui di Pasar Rakyat Kudus, Selasa (30/8/2022).

Selain itu, melalui kerjasama tersebut juga perlu ditentukan sumber daya manusia (SDM) yang nantinya akan melakukan pengumpulan (collecting) iuran jaminan kesehatan tersebut kepada para pedagang.

Skema pembayarannya diserahkan sesuai kesepakatan antar pedagang dan paguyuban, baik itu pembayarannya secara harian, mingguan atau bulanan.

Bila menggunakan skema harian, maka pedagang cukup membayar sekitar Rp 1.200 per hari atau setara segelas teh hangat untuk tarif iuran kelas III sebesar Rp 35 ribu per bulan. Atau sekitar Rp 5.000 per hari untuk kelas III dengan tarif sebesar Rp 150 ribu per bulan.

“Nanti bisa dikoordinasikan juga kepada para pengurus siapa yang akan mengumpulkan dan membayar melalui bank,” ujarnya.

Ardi sapaannya berharap, kemudahan layanan yang diberikan kepada para pedagang tersebut dapat membantu para pedagang agar dapat memperoleh layanan kesehatan yang memadai.

Apalagi, kata dia, pedagang merupakan tulang punggung perekonomian di Indonesia yang juga membutuhkan jaminan kesehatan.

Petugas BPJS Kesehatan memberikan edukasi kepada pedagang untuk mengenalkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), di  Pasar Rakyat Kudus, Selasa (30/8/2022).
Petugas BPJS Kesehatan memberikan edukasi kepada pedagang untuk mengenalkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), di Pasar Rakyat Kudus, Selasa (30/8/2022). (Tribun Jateng/Raka F Pujangga)
Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved