Berita Karanganyar

KPU Karanganyar Dapati Indikasi PNS Jadi Anggota Parpol

KPU Karanganyar menemukan indikasi adanya PNS yang menjadi anggota partai politik (Parpol)

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
KPU Karanganyar mengadakan rapat koordinasi tahap pendaftaran dan verifikasi parpol peserta Pemilu 2024 di Ruang Podang Kantor Setda Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - KPU Karanganyar menemukan indikasi adanya PNS yang menjadi anggota partai politik (Parpol)

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Karanganyar, Muhammad Maksum menyampaikan, saat ini parpol tengah menindaklanjuti hasil verifikasi administrasi terkait indikasi ganda eksternal untuk Pemilu 2024 mendatang. Semisal terkait pekerjaan, ada yang menjadi PNS. Kemudian indikasi usia misal di bawah 17 tahun.

Dia menuturkan, ada 22 parpol yang terdaftar di KPU Karanganyar hingga saat ini. Dari jumlah tersebut ada lebih dari 1 parpol yang mana anggotanya terindikasi menjadi PNS.

"Kaitannya dengan ber-KTP status pekerjaan PNS di Kabupaten Karanganyar ada. Maka perlu ditindaklanjuti oleh Parpol. Agar anggota parpol tersebut memenuhi syarat, maka membuat surat pernyataan disertai lampiran surat pemberhentian atau pensiun. KTP itu kan seumur hidup, kalau tidak ada laporan ke Disdukcapil, KTP-nya kan tetap PNS," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (1/9/2022).

Apabila pihak Parpol tidak mengunggah ke sistem terkait surat pernyataan pensiun atau surat pemberhentian dari PNS, lanjutnya, tentu anggota Parpol tersebut berpotensi tidak memenuhi syarat.

"Kalau hingga batas waktu (3/9/2022), tidak mengupload surat pernyataan itu berarti berpotensi tidak memenuhi syarat karena anggota Parpol tidak boleh berstatus sebagai PNS, akan dicoret," jelasnya. (Ais).

Baca juga: Seleksi Perangkat Desa di Kudus Harus Trasnparan, Jangan Sampai Berujung di Pengadilan Tipikor

Baca juga: Ada Penyesuaian, Ini Harga Baru Pertamax Turbo dan Dex Series Per 1 September

Baca juga: Tak Lagi Sandang Jabatan Bupati Pati, Haryanto Berseragam PMI Bantu Korban Kebakaran di Tegalwero

Baca juga: Jateng Catatkan Deflasi 0,39 Persen Agustus, Kepala BPS Jateng: Lebih Tinggi dari Deflasi Nasional

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved