Berita Kudus

Puluhan Relawan BPBD Kudus Pungut Sampah di Sungai Gelis

Puluhan petugas dan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus menggelar aksi pungut sampah di Sungai Gelis, Kabupaten Kudus,

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
BERSIHKAN SMAPAH - Puluhan petugas dan relawan BPBD Kudus membersihkan sampah di Sungai Gelis, Minggu (4/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Puluhan petugas dan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus menggelar aksi pungut sampah di Sungai Gelis, Kabupaten Kudus, Minggu (4/9/2022).

Mereka turun langsung ke badan sungai untuk mengambil-sampah-sampah yang berserakan di aliran sungai.

Selain itu, petugas BPBD juga menggandeng Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPKPLH), serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk mengerahkan sejumlah alat berat.

Koordinator Lapangan (Korlap) Relawan BPBD Kudus, Budi Yuwono mengatakan, hari ini bersih-bersih sampah difokuskan di Sungai Gelis, utamanya di bawah jembatan Jalan Sunan Kudus.

Katanya, wilayah tersebut menjadi lokasi ditemukannya banyak sampah yang tersangkut di tiang-tiang jembatan, sehingga menghambat aliran sungai.

Budi menegaskan, jika permasalahan sampah di sungai dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan bakal memicu banjir ketika musim penghujan tiba.

"Ini bagian dari upaya relawan untuk menghadapi musim penghujan. Kami komunikasi dengan DPKPLH dan DPUPR agar bersama-sama menanggulangi sampah di wilayah sungai," terangnya.

Selain Sungai Gelis, Budi menyebut, nantinya juga menyasar beberapa sungai lain di wilayah Kabupaten Kudus, utamanya di sepanjang jalur pantura.

Pihaknya mengajak pemerintah desa dan tokoh masyarakat untuk mengedukasi warganya agar lebih tertib dalam membuang sampah.

"Tidak dipungkiri, masyarakat sendiri masih ada budaya buang sampah sembarang. Setiap desa seharusnya bisa mengedukasi masyarakatnya agar lebih tertib soal sampah," pintanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved