Berita Semarang

Kelola Empat Unit Usaha Sekaligus Sembari Kuliah, Lydia Meleset dari Target Lulus 3,5 Tahun

Berwirausaha tak pernah menjadi cita-citanya Lydia Katarina, gadis asal Palembang.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berwirausaha tak pernah menjadi cita-citanya Lydia Katarina, gadis asal Palembang, Sumatera Selatan yang menempuh studi di Pendidikan Tata Kecantikan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang.

Ia justru berambisi bisa menyelesaikan pendidikannya dalam tempo 3,5 tahun.

"Sebagai mahasiswa ambis (ambisius, red), saya punya 3 target dalam hidup, pengen lulus cepet, trus studi lanjut atau kerja, dan menikah muda," ungkapnya pada Tribun Jateng, Rabu (14/9/2022).

Ternyata targetnya untuk lulus cepat urung namun ia justru bekerja untuk dirinya sendiri sebagai pemilik dari Lydia Beauty yang memiliki 4 unit usaha.

Lydia membuka usaha Lydia Beauty yang masing-masing mengelola tata rias, persewaan aksesoris pengantin, persewaan busana pengantin, dan salon.

Menurutnya, salon menjadi unit usaha terakhir yang ia dirikan namun dari unit usaha inilah ia mendapatkan hibah modal usaha total Rp 26 juta.

Hibah diperoleh dari Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora).

"Hibah modal usaha digunakan untuk pembelian modal, alhamdulillah untuk mengembangkan salon dengan membeli aset," tuturnya.

Hasil hibah tersebut diakuinya berkat ia memiliki usaha salon yang dibukanya pada 8 September 2020.

Suasana pelayanan dan perawatan Lydia Salon di Lantai 2 Gedung Kewirausahaan Universitas Negeri Semarang (KWU), buka setiap hari pukul 9.00-20.00 pada Rabu (14/9/2022).
Suasana pelayanan dan perawatan Lydia Salon di Lantai 2 Gedung Kewirausahaan Universitas Negeri Semarang (KWU), buka setiap hari pukul 9.00-20.00 pada Rabu (14/9/2022). (Tribun Jateng/Amanda Rizqyana)

Untuk bisa mendapatkan hibah harus memiliki usaha fisik dan pada 2021 setelah mengajukan proposal hibah, ia lolos menjadi penerima.

Putri pasangan Heri dan Ekotilarsih ini juga kerap mengikuti berbagai perlombaan make up.

Penghargaan yang diraihnya antara lain Assosiation of South East Asian Nation (ASEAN) Skill Competition, Competence Hair Stylist & Cutting.

Ia juga meraih Juara 2 Lomba Revlon Mobile Challenge 'Beauty in Motion' 2019.

Di tingkat kampus, Lydia juga pernah meraih Juara Mahasiswa Terbaik Angkatan 2017, Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Jurusan 2019, dan Mahasiswa Berprestasi Jurusan 2020.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved