Berita Pekalongan

Imigrasi Pemalang Buka Layanan Paspor Keliling di Kajen

Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang menggelar pelayanan paspor keliling.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Dok. Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang
Warga saat membuat paspor baru di pelayanan paspor keliling (PANGLING) yang ada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pekalongan menggelar pelayanan paspor keliling (PANGLING).

Kepala Seksi Intelijen dan penindakan Keimigrasian Kelas I Non TPI Pemalang Washono mengatakan, bahwa kecamatan Kajen merupakan titik strategis untuk pelayanan paspor keliling.

Tujuan dari kegiatan PANGLING ini adalah, untuk mendekatkan pelayanan kita kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Pekalongan

"Secara geografis, Kajen terletak di tengah-tengah area yang dapat mudah dijangkau pemohon yang berlokasi di area pegunungan Kabupaten Pekalongan," kata Kepala Seksi Intelijen dan penindakan Keimigrasian Kelas I Non TPI Pemalang Washono saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (21/9/2022).

Warga saat membuat paspor baru di pelayanan paspor keliling (PANGLING) yang ada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pekalongan.
Warga saat membuat paspor baru di pelayanan paspor keliling (PANGLING) yang ada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pekalongan. (Dok. Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang)

Washono mengungkapkan, saat ini untuk pelayanan kantor Imigrasi Pemalang sudah terbantu dengan keberadaan layanan keimigrasian di MPP Batang, UKK Pekalongan, dan UKK Brebes. Namun, letak kantor layanan yang berada di jalur Pantura dirasakan masih sangat jauh dari jangkauan masyarakat yang terletak di sisi selatan.

"Sebagai ibukota Kabupaten Pekalongan, Kajen memiliki akses jalan yang baik. Sehingga, memudahkan petugas maupun pemohon untuk menjangkau area tersebut," ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan, untuk pelayanan Pangling sendiri tidak ada jadwal tetap. Namun bersifat tentatif, sehingga pemohon potensial di sekitar area tersebut bisa segera mengajukan permohonan.

"Pemohon yang datang memiliki kepentingan yang bermacam-macam, ada yang ingin membuat paspor baru, perpanjang masa berlaku paspor, dan ada juga yang mengurus paspor untuk kepentingan umroh," jelasnya.

Pihaknya mengimbau, bagi masyarakat yang akan mengurus dokumen keimigrasian, diharapkan untuk bisa mengurus sendiri.

"Dengan begitu, layanan yang kami sediakan ini tidak dimanfaatkan oleh oknum tertentu yang menyalahguanakan layanan ini demi kepentingan pribadi," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perijinan Maria Goretti Krisnurendah, mengatakan, mayoritas pemohon yang datang adalah untuk mengurus persyaratan umrah ke Tanah Suci.

"Untuk antusias masyarakat terkait kegiatan PANGLING banyak, apalagi waktu bulan kemarin banyak masyarakat yang mengurus untuk pergi Umroh," katanya.

Pihaknya berharap, jadwal Pangling  kedepannya ada waktu yang sudah ditetapkan. Misalnya di pekan ke berapa setiap bulannya, agar masyarakat bisa lebih tau terkait adanya kegiatan pembuatan paspor keliling yang diadakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved