Berita Internasional

Koma 7 Bulan karena Kecelakaan, Wanita Ini Berhasil Melahirkan Bayi Sehat

Seorang wanita hamil korban kecelakaan mengalami koma selama tujuh bulan. Dia akhirnya berhasil melahirkan bayi perempuan yang sehat.

Tribunnews.com
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, NEW DELHI - Seorang wanita korban kecelakaan mengalami koma selama tujuh bulan.

Wanita itu terluka parah 40 hari setelah kehamilannya.

Dia akhirnya berhasil melahirkan bayi perempuan yang sehat.

Baca juga: Aktor Korea Lee Ji Han Jadi Korban Tewas dalam Tragedi Pesta Halloween di Itaewon

Shafiya, dari wilayah Uttar Pradesh di India utara, dilaporkan terluka parah ketika jatuh dari sepeda motor tanpa helm hanya selang satu bulan lebih setelah diketahui mengandung.

Kecelakaannya terjadi pada Maret tahun ini, setelah burqa yang dia kenakan terperangkap di roda belakang sepeda motor yang dia tumpangi bersama kekasihnya.

Insiden itu membuat Shafiya terjatuh dari sepeda motor dan menimbulkan cedera kepala yang cukup parah menurut laporan media lokal.

Shafiya telah menjalani lima operasi saraf yang berbeda di rumah sakit All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) di Bulandshahr.

Dia bahkan menghabiskan beberapa waktu dengan ventilator, dan menjalani operasi pengambilan segmen tengkorak untuk mengurangi tekanan pada otaknya.

Melihat kondisinya, dokter yang merawat wanita India itu harus menghadapi keputusan sulit apakah akan mengakhiri kehamilannya atau tidak.

Namun, setelah USG menunjukkan kehamilannya normal, tim medis akhirnya merekomendasikan kepada keluarganya untuk melanjutkan kehamilan.

Meskipun hanya memiliki peluang hidup antara 10 dan 15 persen dalam kondisi komanya, wanita berusia 23 tahun itu mampu melahirkan bayi perempuan yang sehat pada 22 Oktober.

Daily Mail melaporkan pada Senin (31/10/2022) bahwa Shafiya sekarang sesekali menggerakkan kepala dan kakinya dan sudah terlepas dari ventilator.

 
Kondisinya ini menimbulkan harapan bahwa suatu hari dia bisa bertemu putrinya.

Ahli bedah Dr Deepak Gupta menyebut kasus ini "sangat tidak biasa", menambahkan: "Saya belum pernah menemukan kasus seperti itu dalam 22 tahun karir bedah saraf saya di AIIMS.

“Dia saat ini dalam kondisi stabil dan tidak menggunakan dukungan ventilator,” ujarnya sebagaimana dilansir dari The Independent.

Lebih lanjut mengomentari insiden yang terjadi pada ibu muda India itu, Gupta mengatakan bahwa ada resistensi untuk memakai helm bagi orang yang membonceng, terutama dari komunitas Muslim dan Sikh di India.

“Perempuan, atau siapa pun, yang mengendarai pembonceng di kendaraan roda dua, harus memakai helm,” serunya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seorang Wanita yang Koma Selama Tujuh Bulan Berhasil Melahirkan Bayi Sehat"

Baca juga: DETIK-DETIK Jembatan Gantung di Gujarat India Ambruk, Tewaskan 140 Orang

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved