Berita Salatiga

Peduli Kesehatan Lansia, PSP UKSW Gelar Bakti Sosial

Pusat Studi Perdamaian (PSP) Universitas Kristen Satya Wacana gelar bakti sosial.

Penulis: Hanes Walda Mufti U | Editor: sujarwo
Tribunjateng.com/UKSW Salatiga
Dosen prodi Ilmu Gizi UKSW, Sarah Melati Davidson memberikan penyuluhan kesehata bagi para lansia di Ruang Teater SMA Kristen Satya Wacana, Jumat (11/11/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Berbagi kebahagiaan dan cinta damai bersama perempuan hebat di Usia lansia menjadi tajuk acara Bakti Sosial yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Perdamaian (PSP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Jumat (11/11/2022) di Ruang Teater SMA Kristen Satya Wacana.

Menggandeng International Women's Peace Group (IWPG) kegiatan ini diikuti oleh lansia yang merupakan anggota persekutuan wanita satya wacana serta masyarakat umum.

Koordinator acara, Sri Suwartiningsih mengatakan bahwa bakti sosial ini sekaligus dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-66 UKSW.

“Kegiatan yang juga terselenggara berkat kerjasama dengan  Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK-red) ini fokus utamanya adalah memberikan edukasi kesehatan bagi para lansia yang hadir,” kata Sri kepada Tribunjateng.com.

Menurut Sri, lansia adalah segmen masyarakat yang perlu memperoleh perhatian khusus terutama terkait upaya untuk menjaga kesehatan.

Dosen prodi Ilmu Gizi UKSW, Sarah Melati Davidson memberikan penyuluhan kesehata  bagi para lansia di Ruang Teater SMA Kristen Satya Wacana, Jumat (11/11/2022).
Dosen prodi Ilmu Gizi UKSW, Sarah Melati Davidson memberikan penyuluhan kesehata bagi para lansia di Ruang Teater SMA Kristen Satya Wacana, Jumat (11/11/2022). (Tribunjateng.com/UKSW Salatiga)

Branch Manager IWPG Indonesia, Ana Milana Puspitasari menyebut bahwa pihaknya telah secara rutin menggelar kegiatan serupa bekerja sama dengan UKSW selama tiga tahun terakhir.

“Tujuan utama kami adalah mendorong terciptanya budaya perdamaian, secara khusus di Indonesia, namun dalam praktiknya, edukasi-edukasi yang kami sampaikan selalu dikemas dengan edukasi seputar kesehatan. Kali ini fokus kami pada kesehatan lansia,” kata Ana.

Sementara itu, narasumber dalam penyuluhan kesehatan, Sarah Melati Davidson menjelaskan bahwa sangat penting bagi lansia untuk mengonsumsi makanan  dengan gizi seimbang.

Para lansia juga diminta menghindari makanan-makanan dengan kandungan tinggi Gula, Garam, dan Lemak (GGL).

“Dalam pengolahan makanan sehari-hari, takaran yang dianjurkan untuk ketiga kandungan tersebut adalah G4G1L5 atau maksimum empat sendok makan gula, satu sendok teh garam, dan lima sendok makan minyak sayur,” kata Sarah.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan bahwa konsumsi terhadap makanan sumber natrium seperti makanan yang diawetkan serta minuman berkarbonasi harus sangat dibatasi. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved