Berita Kudus

Upaya Atasi Inflasi, Pemkab Kudus Gelar Pasar Murah

Pemerintah Kabupaten Kudus membagikan paket sembako murah yang dikemas dalam program Pasar Murah. Total paket sembako yang dibagikan

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: Catur waskito Edy
Rifqi Gozali
Sejumlah warga mengambil paket sembako subsidi di Kecamatan Kota Kudus, Selasa (6/12/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus membagikan paket sembako murah yang dikemas dalam program Pasar Murah. Total paket sembako yang dibagikan yakni sebanyak 26.000 paket.

Pembagian paket sembako itu menyasar warga miskin. Masing-masing desa atau kelurahan ada sebanyak 200 warga yang mendapatkan paket tersebut.

Program tersebut kini sudah berjalan. Pertama menyasar warga Kecamatan Dawe, selain itu hari ini Selasa (6/12/2022) juga menyasar warga di Kecamatan Kota dan Kaliwungu. Jadwal berikutnya di Kecamatan Mejobo, Undaan, Gebog, Jekulo, Jati, dan Bae sampai pada 9 Desember 2022.

Pantauan di Kecamatan Kota, sejumlah warga yang memiliki kupon dari berbagai desa dan kelurahan mengambil paket tersebut dengan menebusnya Rp 50 ribu.

Nilai paket sembako tersebut sedianya Rp 174 ribu berisi beras 5 kilogram, gula pasir 2 kilogram, minyak goreng 2 liter, bawang merah 1 kilogram, bawang putih 0,5 kilogram, dan susu kemasan.

"Karena disubsidi pemerintah harganya menjadi Rp 50 ribu," kata Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Minan.

Seorang warga yang mendapatkan paket sembako tersebut, Siti Kusmiati, merasa sangat terbantu. Pasalnya, meski harus menebus Rp 50 ribu baginya tidak masalah.

"Karena harga aslinya Rp 174 ribu, jadi bisa hemat Rp 100 ribu lebuh," ujar nenek berusia 62 tahun asal Kelurahan Mlatinorowito, Kecamatan Kota.

Paket sembako yang didapat Siti akan digunakan untuk makan sehari-hari.

Sementara, lanjut Minan, pasar murah yabg digelar pemerintah kabupaten ini merupakan upaya pengendalian inflasi daerah. Alokasi anggaran yang dikucurkan untuk subsidi sembako pasar murah tersebut sebesar Rp 5,18 miliar bersumber dari dana insentif daerah (DID). (*)

Baca juga: Doa Terhindar Dari Penyakit Ain dan Penjelasan Mengenai Penyakit Melalui Pandangan

Baca juga: 368 Calon Anggota PPK Pemilu 2024 di Kabupaten Batang Ikuti Tes CAT

Baca juga: Iklankan Fusee dan Vitmen di Luar Jam Siar Dewasa, KPID Jateng Berikan Peringatan

Baca juga: Daftar 10 Ruas Tol Baru yang Bisa Dilalui saat Natal dan Tahun Baru 2023, Semarang Demak Termasuk

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved