Berita Kudus

Harga Telur Ayam di Pasar Tradisional Kudus Turun jadi Rp 27.000 Perkilogram

Kabar baik bagi masyarakat lantaran harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami penurunan memasuki pertengahan Ramadan. Di antaranya harga telur ayam yan

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: m nur huda

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Kabar baik bagi masyarakat lantaran harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami penurunan memasuki pertengahan Ramadan. Di antaranya harga telur ayam yang mengalami penurunan sejak beberapa hari terakhir.


Pedagang telur ayam di Pasar Bitingan Kudus, Irma menyampaikan, harga telur ayam saat ini dibadrol Rp 27.000 per kilogram. 


Kata dia, harga yang terjadi saat ini mengalami penurunan dari bandrol harga sebelumnya Rp 29.000 - Rp 31.000 per kilogram.


"Harga Rp 27.000 ini sudah mendekati harga ideal. Harga telur ayam standarnya di angka Rp 25.000 - Rp 26.000 per kilogram," terangnya, Kamis (6/4/2023).


Irma memprediksi, harga telur bisa turun lagi hingga angka Rp 26.000 per kilogram. Namun, bakal kembali naik H-7 Lebaran di atas harga Rp 28.000 per kilogram. 


Dia menyebut, tren kenaikan dan penurunan harga sudah biasa terjadi saat Ramadan.


Umumnya, harga telur akan naik pada pekan pertama Ramadan seiring kenaikan harga kebutuhan pokok lainnya. Kemudian harga turun dan kembali naik sepekan menjelang Hari Raya Idulfitri. 


"Selama ini kenaikan paling tinggi di angka Rp 32.000 per kilogram. Harganya fluktuatif, kadang naik-turun dengan cepat. Bisa saja harga tinggi cukup lama, kemudian turun anjlok di harga terendah, dan naik lagi. Jadi enggak bisa dipastikan," terangnya.


Ketika harga telur ayam turun, Irma hanya bisa menjual sekitar 1 kuintal telur ayam setiap harinya. 


Jumlah ini mengalami penurunan dari hari-hari biasanya ketika harga telur di angka Rp 28.000- Rp 29.000 mencapai 1,5 kuintal per hari. 


"Kalau mendekati Lebaran biasanya mulai ramai lagi, jadinya harga kembali naik. Sudah jadi kebiasaan," ujarnya. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved