Liputan Khusus

Megaproyek Semarang Outer Ring Road, Demak dan Kendal akan Tersambung

Pemkot Semarang menggagas pembangunan jalan arteri Semarang Outer Ring Road (SORR), guna mengurai kepadatan kendaraan di titik-titik rawan.

Megaproyek Semarang Outer Ring Road,  Demak dan Kendal akan Tersambung
Pemkotsemarang.go.id
Tol Laut Semarang 

Pemkot Semarang akan membangun jalan arteri Ring Road. Proyek ini akan menghubungkan perbatasan Kendal dengan Demak.

Selain sebagai jalur lingkar luar, jalan ini sekaligus jadi tanggul laut. Total panjang jalan megaproyek mencapai 66,16 kilometer

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Pemkot Semarang menggagas pembangunan jalan arteri Semarang Outer Ring Road (SORR), guna mengurai kepadatan kendaraan di titik-titik rawan kemacetan di Kota Lunpia.

Digagas sejak 2009, proyek strategis bernilai triliunan rupiah ini belum terealisasi. Jika proyek ini terwujud maka perbatasan Kendal akan terhubung dengan perbatasan Demak, tanpa harus melalui jalur kota.

‎Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan Pemkot terkendala soal dana, guna merealisasikan proyek strategis ini. Karena itu, menurut dia, sebagian segmen dari proyek ini akan dibiayai menggunakan skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

"‎Hari ini kita nggak ada duit, akhirnya supaya cepat kita tawarkan ke investor," kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, Minggu (11/11) seusai melepas Karnaval Herbal Bejo yang diselenggarakan oleh Tribun Jateng bersama Bintang Toedjoe.

‎Sejumah dokumen sebagai persyaratan kelangsungan proyek sudah diselesaikan Pemkot Semarang, melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Mulai dari feasibility study (FS), detail enginering design (DED), analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal), hingga land acquisition and resettlement action plan (Larap). Berdasarkan DED yang ada, megaproyek SORR dengan total panjang mencapai 66,16 kilometer (Km) dan lebar jalan mencapai 30 meter ini, terbagi menjadi lima segmen.

Pertama, adalah segmen Mangkang - Arteri Utara, dengan panjang jalan 14,18 Km; kedua segmen Kaligawe - Meteseh, sepanjang 13,93; lalu Meteseh - Perintis Kemerdekaan, sepanjang 9,47 Km; keempat segmen Mangkang - Mijen sepanjang 10,05 Km; dan kelima adalah segmen Mijen - Cangkiran - Perintis Kemerdekaan, dengan panjang 18,54 Km.

Bagian dari megaproyek SORR yang ditawarkan kepada investor adalah segmen pertama: Mangkang - Arteri Utara. Dengan demikian, nantinya jalan di segmen tersebut berupa tol, yang menyatu dengan tanggul laut.‎

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved