Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Jalur Independen Sudah Bisa Galang Dukungan

Bagi bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang hendak mendaftarkan melalui jalur independen (perseorangan) saat ini sudah dapat dilakukan

Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Jalur Independen Sudah Bisa Galang Dukungan
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Bagi bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang hendak mendaftarkan melalui jalur independen (perseorangan) saat ini sudah dapat dilakukan penggalangan dukungan dari masyarakat.

Pasalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal telah menentapkan tanggal penyerahan syarat dukungan pada 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan sesuai dengan PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota tahun 2020, bahwa syarat dukungan untuk mencalonkan diri jalur perseorangan yakni harus mendapatkan dukungan sebanyak 7,5 persen dari DPT Pemilu sebelumnya.

Ia menambahkan pada Pemilu 2019, jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak 778.630 suara, sehingga minimal jumlah dukungan untuk mencalonkan di jalur independen membutuhkan suara sebanyak 58.398 suara.

Dalam memberikan dukungannya masyarakat harus menyertakan fotokopi KTP Elektroniknya dalam penyerahan Formulir B.1 KWK.

Fraksi PKB Sebut Kebocoran Pendapatan dari Parkir di Kota Semarang Terjadi Tiap Tahun

Di Purbalingga 70 ASN Dilatih Intelijen Dasar, Ini Tujuannya

Kerukunan 4 Golongan Agama, Ganjar Pranowo : Desa Jrahi Kabupaten Pati Layak Disebut Desa Pancasila

Ternyata 2 Staf Khusus Bupati Kudus Non Aktif Tersangka Korupsi Adalah Mantan Napi Lapas Kedungpane

"Meski waktunya cukup lama namun saat ini sudah mulai dipersiapkan sehingga pada saat penyerahan berkas bisa kami teliti langsung.

Jika nanti ada dukungan yang kurang atau yang perlu dibenarkan dapat kami sampaikan sehingga bisa dilakukan penambahan dukungan," ujarnya, Senin (4/11).

Ia mengatakan jumlah dukungan itu harus tersebar lebih dari 50 persen total kecamatan di Kabupaten Kendal.

Di Kabupaten Kendal sendiri terdapat 20 kecamatan sehingga sebaran dukungan tersebut harus tersebar minimal di 11 Kecamatan di Kabupaten Kendal.

"Setelah proses penyerahan dukungan selesai, maka dilakukan proses penelitian admnistrasi. pada tanggal 15 Maret sampai 21 April," terangnya

Sementara itu, Divisi Teknik Penyelenggaraan KPU Kendal menambahkan Rokhimudin mengatakan bahwa persyaratan untuk menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati secara umum yakni merupakan WNI dengan usia minimal 25 tahun, sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba, serta tidak pernah menjabat posisi bupati atau wakil bupati dalam dua kali masa jabatan.

"Sementara untuk persiapan teknis penyelenggaran seperti pembentukan PPK dan PPS akan dilakukan pada bulan Januari dan Maret 2020. Sedangkan KPPS akan dibentuk pada bulan Juni 2020," pungkasnya. (dap)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved