Breaking News:

UMKM

Varian Olahan Jamu Mbak Ita Semakin Banyak, Ada Ramuan Lawan Corona

Perkenalkan saya owner dari Jamu Mbak Ita. Seorang janda usia 32 tahun, yang menekuni profesi sebagai pengusaha jamu.

IST
Varian olahan Jamu Mbak Ita 

Oleh Herta Rini
Owner Jamu Mbak Ita

SAYA Herta Rini, panggilan Mbak Ita. Perkenalkan saya owner dari Jamu Mbak Ita. Seorang janda usia 32 tahun, yang menekuni profesi sebagai pengusaha jamu.

Usaha saya berdiri tahun 2017. Semula hanya iseng buat jamu sendiri untuk konsumsi keluarga. Saat itu membuat beras kencur dan kunyit asem. Alhamdulillah, kok Ibu saya bilang enak dan menyarankan supaya dijual.

Saya mulai jual di sekitar rumah dan bagi ibu-ibu kajian. Alhamdulillah, responsnya luar biasa Maa Syaa Allah.

Pada tahun 2018 mulai dibina Kadin melalui Bunda Suswahyuni dan Pak Arnaz. Juga dibantu legalitas dari Dinas Koperasi, Dinas Ketahanan Pangan, Disperindag juga, Maa Syaa Allah. Terima kasih banyak.

Bunda Suswahyuni dari Kadin sangat telaten menyemangati saya. Beliau membina kami mulai dari packaging juga berbagi ilmu tentang pemasaran produk dan lain-lain. Alhamdulillah.

Varian olahan Jamu Mbak Ita
Varian olahan Jamu Mbak Ita (IST)

Jamu Mbak Ita bertujuan melestarikan minuman khas asli Indonesia. Mengembalikan kebiasaan masyarakat minum jamu yang mulai tergeser oleh minumal milenial zaman sekarang. Itulah kami berjuang supaya jamu ini tetap lestari, minuman sehat dan bermanfaat asli Indonesia.

Varian olahan Jamu Mbak Ita sekarang semakin banyak. Ada ramuan yang siap minum semisal Ramuan Lawan Corona, jahe rempah, gula asem, beras kencur dan kunyit asem.

Sedang jamu instan  kami ada jahe rempah, jahe orisinal, jahe sereh, jahe secang, Ramuan Lawan Corona dan lain-lain. Tersedia pula jamu serbuk non gula semisal kunyit, temu lawak, jahe, pasak bumi, purwoceng dan lain-lain.

Ramuan Lawan Corona yang lagi hits belum lama ini dipesan Bapak Walikota Semarang. Alhamdulillah. Berupa ramuan potong-potong kering tinggal direbus saja.

Tujuan kami ke depan supata Jamu Mbak Ita lebih dikenal masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air. Pemasaran kami di seluruh Nusantara, juga ada sampai Malaysia, Qatar, Australia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Azerbaijan. Walau belum banyak, Alhamdulillah.

Kunci kami adalah tetap semangat pantang menyerah, berjuang untuk masa depan anak-anak. Kata pepatah Rondo Kudu Bakoh

Prestasi yang pernah didapat Jahe Mbak Ita antara lain Juara Harapan 3 Semarang Pangan Award 2019 dan Nominasi 10 Besar Kategori Kuliner untuk IKM Award 2019 di Balaikota Semarang. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved