Breaking News:

Berita Nasional

Meski Pigai & Abu Janda Sudah Makan Malam Bareng, KNPI Tetap Tak Cabut Laporan

KNPI tidak akan mencabut laporan terhadap Permadi Arya atau Abu Janda meski sudah bertemu dengan mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

INSTAGRAM/ SUFMI_DASCO
Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai tampak bertemu dengan Abu Janda dalam foto makan malam yang diunggah Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco, Senin (8/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Hukum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI) Medya Rischa Lubis memastikan KNPI tidak akan mencabut laporan terhadap Permadi Arya meskipun pria yang dikenal sebagai Abu Janda itu sudah bertemu dengan mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Seperti diketahui, Abu Janda dilaporkan oleh KNPI dengan dugaan ujaran rasialisme lewat akun Twitter-nya terhadap Natalius Pigai.

"Belum terpikir bagi KNPI untuk mencabut laporan itu, karena safari dia, Abu Janda, ini muter ke pemuda Islam, ke ormas Islam, termasuk ke Pigai juga, ya itu silakan saja," kata Medya kepada Kompas.com, Selasa (9/2/2021).

Tolak Kebijakan Biden Bekukan Penjualan Senjata ke Saudi, Inggris: Kami Punya Tanggung Jawab Sendiri

Diancam KKB Papua, Bupati Intan Jaya & Pegawai Pemkab Tak Berani Ke Kantor, Takut Dieksekusi

Tak Ingin Harta Kekayaan Diungkap, Ratu Elizabeth II Diisukan Lobi Sejumlah Pejabat Inggris

Pemukiman Israel di Tepi Barat Disebut Kejahatan Perang, Bakal Diseret Ke Pengadilan Internasional

Medya mempersilakan safari Abu Janda keberbagai pihak untuk menjalin silaturahmi.

Kendati demikian, menurutnya penegakan hukum harus tetap berjalan.

Ia menegaskan, laporan yang dilakukan oleh KNPI atas nama pemuda-pemudi Papua yang bernaung di bawah KNPI, yang merasa tersinggung dengan ucapan Abu Janda.

"Sejak awal kami tegaskan, itu bukan persoalan Pigai pribadi, tapi atas nama bangsa, jadi tujuannya untuk persatuan, itu saja yang perlu digarisbawahi," ujar Medya.

Lebih lanjut, menanggapi pertemuan Natalius Pigai dengan Abu Janda, menurut Medya hal itu adalah di luar konteks hukum yang sedang berjalan.

"Artinya begini, itu kan pertemuan yang kita sama-sama tahu difasilitasi sama elite politik, sedangkan elite politik di dalam struktur hukum kita apalagi dalam penyidikan ini kan out of context," ucap Medya.

"Jadi semestinya, kalaupun ada pertemuan seperti itu yang berwenang dong (yang memfasilitasi) ya penyidik bukan elite politik," ucap dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengunggah foto pertemuan dengan mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai dan Permadi Arya alias Abu Janda di Jakarta, Senin (8/2/2021) malam.

Dari foto tersebut, pertemuan itu tampak dalam acara akan malam.

"Perkuat diri membangun negeri bersama Natalius Pigai dan Abu Janda, Fairmont 8-2-2021," tulis Dasco dalam keterangan foto pertemuan yang dia unggah dalam akun resmi Instagram miliknya. Dalam foto tersebut, terlihat Ketua Harian Partai Gerindra itu duduk di tengah.

Kemudian, tampak di sisi kiri Dasco yaitu Natalius Pigai dan di sisi kanannya ialah Abu Janda.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anggap Pigai-Abu Janda Dipertemukan Elite Politik, KNPI Tak Cabut Laporan Rasialisme"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved