Breaking News:

Berita Pekalongan

Pemkot Pekalongan Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Selama 14 Hari

Pemerintah Kota Pekalongan menetapkan status tanggap darurat bencana banjir hingga 2 pekan ke depan.

Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Pengungsi di Masjid Al Karomah Tirto malam ini. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pemerintah Kota Pekalongan menetapkan status tanggap darurat bencana banjir hingga 2 pekan ke depan. Penetapan status tanggap darurat yang telah diterbitkan Surat Keputusan (SK) ini dikeluarkan oleh Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz, Minggu (7/2/2021).

"Dengan kejadian banjir yang kembali menggenangi Kota Pekalongan akibat curah hujan yang tinggi dan meluapnya beberapa sungai ke permukiman, kami bersama jajaran Forkopimda telah melakukan rapat koordinasi penanganan banjir."

"Kami tetapkan bahwa Kota Pekalongan dalam status tanggap darurat bencana banjir 14 hari mendatang atau hingga 20 Februari 2021," kata Wali Kota Pekalongan Saelany kepada Tribunjateng.com, Senin (8/2/2021).

Menurutnya, dengan diterbitkannya SK ini, tujuannya agar lebih leluasa dalam penanganannya terutama dalam masalah persiapan pendanaan dan koordinasi dengan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

Penetapan status tanggap darurat banjir ini, pendanaan bisa diambilkan dari dana cadangan yang telah disiapkan sebesar Rp1,5 milliar untuk diprioritaskan dalam penanganan bencana, kesehatan maupun konsumsi bagi para pengungsi dan warga terdampak banjir.

"Dari 27 kelurahan yang ada, 22 kelurahan diantaranya terdampak banjir dan 2.882 orang mengungsi di 43 titik pengungsian yang telah disiapkan."

"Sementara untuk warga yang terdampak banjir, namun tidak mengungsi seluruhnya total 14 ribu jiwa," ujarnya.

Saelany menambahkan, banjir yang melanda Kota Pekalongan ini kejadian banjir yang paling tinggi, sehingganya pihaknya tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada.

"Karena bencana bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja, yang terjadi ke depan tidak ada yang tahu. Kami minta selalu waspada untuk menjaga diri dan keluarga dimanapun berada," tambahnya. (*)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved