Breaking News:

Berita Semarang

Sudah Sebulan Urus Surat, Dina Kecewa Ahli Waris Covid-19 di Semarang Batal Terima Santunan Kematian

"Pendaftaran sudah kami tutup sekitar seminggu yang lalu. Hingga penutupan, yang mendaftar cukup banyak sekitar 584 ahli waris,"

Istimewa
Ilustrasi pemakaman jenazah pasien covid. 

 
TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 584 ahli waris pasien yang meninggal dunia karena Covid-19 di Kota Semarang batal menerima santunan dari Kementrian Sosial (Kemensos) sebesar Rp 15 juta per ahli waris.

Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Muthohar menyampaikan, pembatalan itu menyusul keluarnya surat edaran dari Kementrian Sosial yang menyatakan tidak dialokasikan dalam APBN 2021.

Informasi pembatalan tersebut sudah sekitar sepekan lalu. Pihaknya pun telah menutup pendaftaran yang biasanya dilakukan di kantor Dinsos.

"Pendaftaran sudah kami tutup sekitar seminggu yang lalu. Hingga penutupan, yang mendaftar cukup banyak sekitar 584 ahli waris," sebut Muthohar, Senin (1/3/2021).

Data itu, lanjut dia, telah disampaikan kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah untuk diteruskan kepada Kementrian Sosial.

Namun sejauh ini memang belum ada ahli waris di Semarang yang mendapatkan santunan. Sementara, ada beberapa ahli waris di daerah lain telah menerima.

Rencananya, kata Muthohar, Dinas Sosial kabupaten/kota se-Jawa Tengah akan berkumpul untuk mendiskusikan mengenai pembatalan santunan ahli waris Covid-19.

Mengingat, banyak masyarakat yang mengadu pembatalan ini kepada Dinas Sosial.

"Ada inisiatif dari teman-teman (Dinas Sosial) mau kumpul, akan menyampaikan surat kepada Mensos. Solo Raya kemarin kabarnya sudah kumpul," bebernya.

Dia berharap, santunan bagi ahli waris Covid-19 bisa dipertimbangkan karena warga telah mengajukan dan mengurus sejumlah persyaratan. Menurutnya, hal itu membutuhkan waktu dan biaya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved