Breaking News:

Berita India

Korban Covid-19 Belum Tertangani, Kini India Diserang Jamur Hitam di Mata

Ribuan pasien covid-19 di India menjalani operasi pengangkatan mata di tengah wabah 'jamur hitam' yang melanda negara

Editor: Catur waskito Edy
SAM PANTHAKY / AFP
Seorang dokter memeriksa pasien yang terinfeksi jamur hitam di sebuah rumah sakit sipil di Ahmedabad, India, pekan lalu. Jamur hitam atau yang secara ilmiah dikenal sebagai Mucormycosis, merupakan infeksi yang mematikan, dan menyebabkan sekitar 60 persen dari 7.000 pasien harus mengangkat satu atau bahkan kedua matanya. 

TRIBUNJATENG.COM, NEW DELHI -- Ribuan pasien covid-19 di India menjalani operasi pengangkatan mata di tengah wabah 'jamur hitam' yang melanda negara itu bersamaan dengan pandemi.

Dilansir Mirror, wabah jamur hitam telah membanjiri beberapa rumah sakit dan menyebabkan kepanikan.

Dilaporkan, sekitar 60 persen dari 7.000 pasien infeksi jamur hitam harus mengangkat satu atau bahkan kedua matanya.

Kondisi langka dan mematikan dari infeksi mukormikosis, yang juga dikenal sebagai jamur hitam, disebabkan oleh jamur alami yang dikenal sebagai mukromiset.

Mukromiset dapat membunuh orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Gejala mukormikosis berupa hidung menghitam atau berubah warna, penglihatan kabur, nyeri dada, kesulitan bernapas, dan batuk darah.

Dokter percaya wabah itu disebabkan oleh steroid yang digunakan untuk mengobati covid-19 yang parah. Steroid disebut dapat mengurangi kekebalan tubuh dan menaikkan kadar gula.

Wabah jamur hitam telah memberi tekanan lebih lanjut pada rumah sakit yang berjuang untuk mengatasi jumlah infeksi covid-19 harian yang terus melonjak di India.

Negara bagian barat Gujarat membuat bangsal khusus infeksi jamur hitam karena memiliki begitu banyak kasus. Negara bagian Rajasthan di barat laut juga telah menyatakan mukormikosis sebagai epidemi.

Sebelum pandemi, dokter biasanya menangani tiga hingga empat kasus mukormikosis dalam setahun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved