Forum Guru
FORUM GURU : Melestarikan Budaya Daerah Melalui Tembang Dolanan
BUDAYA merupakan cara hidup yang berkembang serta dimiliki oleh sekelompok orang serta diwariskan secara turun temurun.
Oleh : MUJIHARTI, SPd, MPd.
Guru SDN 3 Protomulyo, Kaliwungu Selatan, Kendal
BUDAYA merupakan cara hidup yang berkembang serta dimiliki oleh sekelompok orang serta diwariskan secara turun temurun. Di Indonesia budaya merupakan hal yang sangat penting karena budaya merupakan identitas bagi bangsa Indonesia.
Indonesia kaya akan budaya daerah. Budaya daerah menjadi kebanggaan dan identitas bagi suatu daerah dan juga menjadi tugas sebagai warga untuk tetap menjaga serta melestarikan budaya yang sudah ada sejak lama.
Tujuan menjaga dan melestarikan budaya ini adalah agar budaya kita tidak hilang dan diklaim oleh bangsa asing. Kita sebagai masyarakat yang memegang teguh prinsip adat istiadat memiliki hak penuh atas kebudayaan tersebut untuk tetap melestarikannya bukan mengesampingkan budaya
kita.
Tembang dolanan merupakan budaya daerah khususnya daerah Jawa Tengah. Tembang dolanan merupakan salah satu sarana komunikasi dan sosialisasi anak dengan lingkungannya.
Melalui tembang dolanan anak dapat bermain sekaligus belajar bernyanyi, melakukan gerakan secara fisik, bersenang-senang dan bergembira serta bersosialisasi dengan teman-teman sebaya.
Budaya daerah perlu dilestarikan melalui tembang dolanan pada siswa. Untuk melestarikan kebudayaan daerah tembang dolanan kepada siswa, tembang dolanan dimasukkan pada pelajaran Basa Jawa.
Budaya daerah perlu dilestarikan melalui tembang dolanan kepada siswa dikarenakan agar supaya siswa mengenal dan mengetahui budaya daerah, tembang dolanan merupakan salah satu budaya daerah masyarakat Jawa Tengah.
Dengan dikenalkannya tembang dolanan kepada siswa secara tidak langsung siswa melestarikan budaya daerah dan mempelajarinya, Di SD Negeri 3 Protomulyo khususnya kelas II tembang dolanan diajarkan pada siswa sesuai dengan kompetensi dasar (KD) yang ada pada pelajaran Basa Jawa.
Di masa pandemi ini cara guru kelas II mengajarkan tembang dolanan pada siswa, guru menggunakan media elektronik berupa HP dengan cara merekam tembang dolanan yang akan diajarkan, kemudian dikirim lewat whatshapp group. Selain membuat rekaman guru menggunakan media youtube.
Penggunakan media youtube untuk membantu guru dalam mengajarkan tembang dolanan, selain itu penggunakan media youtube bertujuan agar siswa lebih tertarik dan dapat mengulang-ulang atau memutar tautan dari youtube tembang dolanan yang dikirim guru.
Dengan demikian siswa lebih tertarik dan antusias mendengarkan tembang dolanan dan menyanyikannya serta lebih cepat menghafalkan tembang dolanan.
Untuk mengetahui siswa sudah hafal tembang dolanan yang diajarkan guru, siswa membuat video menyanyikan tembang dolanan yang diajarkan guru kemudian mengirim video tersebut kepada guru.
Tembang dolanan adalah lagu yang lirik-liriknya menggunakan bahasa Jawa. Tembang dolanan seringkali juga merupakan sarana untuk bersenang-senang dalam mengisi waktu luang dan juga sebagai sarana komunikasi yang mengandung pesan mendidik.