Breaking News:

Forum Guru

FORUM GURU : Melestarikan Budaya Daerah Melalui Tembang Dolanan

BUDAYA merupakan cara hidup yang berkembang serta dimiliki oleh sekelompok orang serta diwariskan secara turun temurun.

Editor: Catur waskito Edy
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Siswa SD di Karanganyar saat berbaris di halaman sekolahan sebelum mewabahnya Virus Corona 

Oleh : MUJIHARTI, SPd, MPd.

Guru SDN 3 Protomulyo, Kaliwungu Selatan, Kendal

BUDAYA merupakan cara hidup yang berkembang serta dimiliki oleh sekelompok orang serta diwariskan secara turun temurun. Di Indonesia budaya merupakan hal yang sangat penting karena budaya merupakan identitas bagi bangsa Indonesia.

Indonesia kaya akan budaya daerah. Budaya daerah menjadi kebanggaan dan identitas bagi suatu daerah dan juga menjadi tugas sebagai warga untuk tetap menjaga serta melestarikan budaya yang sudah ada sejak lama.

Tujuan menjaga dan melestarikan budaya ini adalah agar budaya kita tidak hilang dan diklaim oleh bangsa asing. Kita sebagai masyarakat yang memegang teguh prinsip adat istiadat memiliki hak penuh atas kebudayaan tersebut untuk tetap melestarikannya bukan mengesampingkan budaya
kita.

Tembang dolanan merupakan budaya daerah khususnya daerah Jawa Tengah. Tembang dolanan merupakan salah satu sarana komunikasi dan sosialisasi anak dengan lingkungannya.

Melalui tembang dolanan anak dapat bermain sekaligus belajar bernyanyi, melakukan gerakan secara fisik, bersenang-senang dan bergembira serta bersosialisasi dengan teman-teman sebaya.

Budaya daerah perlu dilestarikan melalui tembang dolanan pada siswa. Untuk melestarikan kebudayaan daerah tembang dolanan kepada siswa, tembang dolanan dimasukkan pada pelajaran Basa Jawa.

Budaya daerah perlu dilestarikan melalui tembang dolanan kepada siswa dikarenakan agar supaya siswa mengenal dan mengetahui budaya daerah, tembang dolanan merupakan salah satu budaya daerah masyarakat Jawa Tengah.

Dengan dikenalkannya tembang dolanan kepada siswa secara tidak langsung siswa melestarikan budaya daerah dan mempelajarinya, Di SD Negeri 3 Protomulyo khususnya kelas II tembang dolanan diajarkan pada siswa sesuai dengan kompetensi dasar (KD) yang ada pada pelajaran Basa Jawa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved