Breaking News:

Berita Kendal

Akhirnya Pedagang Pasar Srogo Korban Kebakaran Bisa Bernafas Lega, KSPPS Bebaskan Utang Rp 91 juta

Kabar menggembirakan bagi 9 pedagang Pasar Srogo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal yang menjadi korban kebakaran pasar pada awal April 2021.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Penyerahan simbolis pembebasan pembiayaan kepada 9 pedagang Pasar Srogo oleh KSPPS Tamzis di Balai Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kendal, Jumat (18/6/2021). 

Penulis: Saiful Masum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Kabar menggembirakan bagi 9 pedagang Pasar Srogo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal yang menjadi korban kebakaran pasar pada awal April 2021.

Piutang mereka sebesar Rp 91 juta dibebaskan oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Tamzis Kendal usai lapak dan dagangannya ludes terbakar.

Manajer Divisi Ta’awun KSPPS Tamzis, Tri Wuryanto mengatakan, pembebasan sisa hutang diberikan karena pedagang mengalami kerugian dan tidak bisa berjualan seperti biasanya. 

Hal ini merupakan bentuk kepedulian Divisi Ta'awun KSPPPS Tamzis sesuai dengan akad peminjaman dana usaha jenis Mudharabah.

Baca juga: Polisi Ringkus Penjual Online Asal Pati, Transaksi Fiktif di Marketplace, Raup Cashback Rp 54 Juta

Baca juga: Nassar Jadi Trending Twitter Hari Ini Dikaitkan BTS Meal, Ada Apa?

Baca juga: Arya Saloka Pemeran Utama Ikatan Cinta Tak Risih Beradegan Ciuman dengan Aurelie Moeremans di Film

Melalui akad Mudharabah, peminjam berbagi keuntungan ketika usahanya mendapatkan untung.

Sebaliknya, jika peminjam dalam hal ini pedagang, rugi karena musibah bencana, maka kerugian juga ditanggung oleh KSPPS dengan menghapus sisa pembiayaan atau utang yang ada. 

"Pembebasan hutang tidak hanya jika terjadi bencana kebakaran saja. Juga saat anggota keluarga mengalami kematian dan kecelakaan. Sebelumnya, 113 pedagang Pasar Weleri dengan total pinjaman Rp 817 juta juga kami bebaskan," terangnya, Jumat (18/6/2021).

Seorang pedagang Pasar Srogo, Likhatun mengaku senang atas pembebasan sisa hutang yang diberikan kepada korban kebakaran pasar.

Ia mengaku baru menerima Rp 15 juta yang dipinjam dari KSPPS sebagai tambahan usaha dagang sebelum lapak kiosnya hangus terbakar. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved