Breaking News:

Berita Solo

200 Tabung Oksigen Hibah untuk Dinkes Solo dari Singapura Sudah Tiba, Kadinkes: Semoga Bermanfaat

Bea Cukai Solo melakukan kegiatan pengeluaran tabung oksigen sejumlah 200 tabung yang dikirim dari Singapura untuk kepentingan hibah.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/MUHAMMAD SHOLEKAN
Proses pengangkutan tabung oksigen yang diperuntukkan untuk Dinkes Kota Solo di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Senin (19/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Bea Cukai Solo melakukan kegiatan pengeluaran tabung oksigen sejumlah 200 tabung yang dikirim dari Singapura untuk kepentingan hibah yang diterima oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo, Senin (19/7/2021). 

Kepala Seksi dan Layanan Informasi Bea Cukai Solo, Aries Baroto menyampaikan, pengeluaran barang hibah terkait tabung oksigen ini sudah tercantum di Permenkeu Nomor 92 PMK.02/2021. 

Yakni tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Penanganan Covid-19. 

Berdasarkan peraturan tersebut, lanjut Aries, tabung oksigen masuk dalam kategori barang pembebasan bea masuk dan PDRI (Pajak Dalam Rangka Impor). 

Baca juga: Anggaran Cepat Habis, Wali Kota Yuliyanto Minta Penyaluran Bansos Diperketat

Baca juga: Sejak Pemberlakuan PPKM Darurat, Jumlah Kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal Cenderung Turun

Aries menyebut, dari pihak Bea Cukai sudah melakukan langkah yang proaktif dengan berkoordinasi dengan pihak terkait yaitu Gapura, Angkasa Pura Logistic, dan Dinkes Kota Solo. 

Pihaknya telah menerima surat pemberitahuan cargo charter flight diterima oleh pihak Bea Cukai Solo pada 16 Juli 2021 pukul 16.45 WIB. 

Selanjutnya, Bea Cukai Solo melakukan pengawasan pembongkaran atas barang tersebut ketika pesawat tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo pada Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 12.50 WIB. 

"Untuk kemudian barang selesai dibongkar dan ditimbun di TPS Bandara Adi Soemarmo pada pukul 14.30 WIB sembari berkoordinasi dengan Dinkes Kota Solo," jelasnya. 

Menurut Aries, dengan dukungan dan koordinasi dari semua pihak yang berwenang semoga barang hibah ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang saat ini sedang menderita Covid-19. 

"Kami selalu siap dan berkomitmen penuh untuk mendukung agar proses pengeluaran barang bisa dijalankan secepatnya. Tentunya dengan tidak melanggar ketentuan yang berlaku," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan dengan adanya bantuan tabung oksigen sangat bermanfaat dalam kondisi saat ini. 

Baca juga: Polda Jateng Tangkap Penjual Ikan yang Selundupkan Sabu dari Malaysia, Akan Diedarkan di Jawa-madura

Baca juga: PW Muhammadiyah Jateng Akan Bagikan 180 Ribu Daging Qurban Kaleng Untuk Masyarakat di Tengah Pandemi

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait dan seluruh pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu yang telah membantu kelancaran proses ini," tandasnya. 

Diketahui, proses pengeluaran tabung oksigen tersebut saat ini sudah bisa dilaksanakan dan disaksikan juga oleh Dinkes Kota Solo, Angkasa Pura Logistic, Satgas Covid-19 dari TNI AU, dan Bea Cukai Solo. (*) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved