Breaking News:

Berita Karanganyar

Jumlah Pendaki di Gunung Lawu Jalur Wilayah Karanganyar Mulai Alami Peningkatan

Jumlah pendaki Gunung Lawu melalui jalur pendakian wilayah Kabupaten Karanganyar mulai mengalami peningkatan secara bertahap sejak dilakukan uji coba

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
Rombongan pendaki saat berdoa sebelum melakukan pendakian ke Gunung Lawu melalui jalur Cemoro Kandang Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Sabtu (4/9/2021) siang 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Jumlah pendaki Gunung Lawu melalui jalur pendakian wilayah Kabupaten Karanganyar mulai mengalami peningkatan secara bertahap sejak dilakukan uji coba pembukaan pada dua pekan lalu.

Pantauan di Basecamp Cemoro Kandang Tawangmangu pada Sabtu (4/9/2021) siang, terlihat sepeda motor milik para pendaki terparkir hingga depan gapura basecamp.

Petugas Basecamp Cemoro Kandang, Agus Haryadi menyampaikan, tercatat ada 120 orang yang melakukan pendakian hingga siang ini. Jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah karena waktu pendakian dibatasi hingga pukul 17.00.

Ada peningkatan jumlah pendaki pada Sabtu ini apabila dibandingkan dengan pekan lalu. Tercatat ada sekitar 80 orang yang melakukan pendakian pada Sabtu pekan lalu.

"Karena jalur Cemoro Sewu (Jalur pendakian wilayah Kabupaten Magetan Jawa Timur) kan masih ditutup. Beda kalau Sewu sudah buka. Mungkin larinya ke sana," katanya kepada Tribunjateng.com.

Lanjutnya, ada beberapa pendaki yang berniat melakukan pendakian melalui jalur Cemoro Sewu beralih melalui jalur Cemoro Kandang pada hari ini.

"Mungkin karena sudah persiapan, daripada balik (pulang). Milih ke Cemoro Kandang," terangnya.

Lantaran cuaca cukup dingin, Agus mengimbau kepada para pendaki supaya mempersiapkan kondisi fisik dan membawa peralatan lengkap. Begitu juga masker dan hand sanitizer.

Dia menuturkan, tidak ada persyaratan khusus bagi pendaki seperti surat sehat atau vaksin.

"Cuaca di puncak mencapai 3 derajat celcius. Kalau di basecamp sekitar 8-9 derajat celcius saat dini hari," ungkapnya. '

Sementara itu Koordinator Bidang Destinasi Disparpora Karanganyar, Sunardi menambahkan, memang ada peningkatan jumlah pendaki pada akhir pekan ini dibandingkan dengan pekan lalu.

"Hari ini yang lewat jalur Candi Cetho ada 170-an orang. Sabtu kemarin, 60-an pendaki," imbuhnya. (Ais).

Baca juga: KPK Ditantang Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Buktikan Aliran Uang Rp 2,1 Miliar

Baca juga: Baru Ada Satu Sekolahan SMA di Karanganyar Yang Mengajukan PTM

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Gandeng BNNP Berantas Narkoba di Dalam Lapas

Baca juga: Satlantas Polres Karanganyar Lakukan Penyekatan dan Penindakan di Kawasan Wisata Tawangmangu

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved