Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Bupati Tegal Umi Azizah, Imbau Warganya Berhati-hati Pada Fenomena Cuaca Ekstrem

Sedikitnya 221 rumah di Desa Cerih, Kecamatan Jatinegara mengalami kerusakan setelah diterjang angin puting beliung pada Jumat.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: moh anhar
Dokumentasi Humas Kabupaten Tegal
Bupati Tegal Umi Azizah, saat memantau langsung ke lokasi terdampak angin puting beliung di Desa Cerih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Sabtu (23/10/2021). Pada kesempatan ini sekaligus memberikan bantuan untuk warga. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Sedikitnya 221 rumah di Desa Cerih, Kecamatan Jatinegara mengalami kerusakan setelah diterjang angin puting beliung pada Jumat (22/10/2021) sore. 

Tingkat kerusakan bangunan rumah akibat terjangan angin kencang ini bervariasi, dari rusak berat sebanyak 63 unit, rusak sedang 69 unit, dan rusak ringan 89 unit. 

Tak hanya di Cerih, sejumlah rumah di lima desa lainnya di Kecamatan Jatinegara juga mengalami kerusakan, meskipun tergolong ringan.

Baca juga: Atlet Renang Asal Sragen Fauziyyah Rahma Bangga Persembahkan Dua Medali Perak di PON XX Papua

Baca juga: Sebagian Warga di Desa Gempol Ambarawa Kabupaten Semarang Masih Tempati Tenda Darurat

Baca juga: Antisipasi Gempa Susulan, BNPB Pasang Tenda Darurat di Halaman Parkir RSUD Ambarawa Semarang

Bupati Tegal Umi Azizah, pada kunjungannya Sabtu (23/10/2021) meminta ada pendataan cepat rumah terdampak bencana dan memerintahkan camat setempat membuat posko terpadu di Balai Desa Cerih.

“Kita harus belajar dari pengalaman, maka untuk mencegah disharmoni pengalokasian dan pendistribusian bantuan, datanya harus satu pintu. Bantuan dari mana saja juga harus masuk ke posko terpadu supaya pencatatannya efektif. Siapa butuhnya apa, sudah dapat apa saja, semuanya terdata. Jadi tidak ada saling berebut bantuan, atau bantuan menumpuk di salah satu tempat,” jelas Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (24/10/2021). 

Kepada warga terdampak bencana, Umi berpesan supaya ikhlas dan sabar menerima musibah. 

Umi pun mengingatkan agar warga senantiasa waspada dan berhati-hati pada fenomena cuaca ekstrem

Cuaca panas di pagi hari serta hujan yang hanya turun di sore hari perlu diwaspadai.

Di sini, Umi menyampaikan apresiasinya pada jajaran forum komunikasi pimpinan Kecamatan Jatinegara yang bergerak cepat memobilisasi sumber daya yang ada, termasuk jalinan koordinasinya dengan Pemerintah Desa Cerih, Penyalahan, Sumbarang, Argatawang, Gantungan, dan Kedungwungu.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan kepada relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, bersama personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama setempat, Polres Tegal, Kodim 0712 Tegal, Tagana, Gallawi Rescue, dan Pramuka Peduli yang sigap dan bergerak cepat membantu pembersihan lokasi serta mendata kerusakan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved