Breaking News:

Berita Semarang

Turun ke PPKM Level 1, Pemkab Semarang-Djarum Foundation Target 60 Ribu Warga Vaksinasi Dosis Kedua

Kabupaten Semarang dinyatakan menjadi wilayah berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Penulis: hermawan Endra | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/HERMAWAN ENDRA
Bupati Semarang, Ngesti Nugraha saat memantau program vaksinasi di Balai Desa Watuagung, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jumat (19/11). 

 TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN -  Melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri RI No 60 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada Senin (15/11), Kabupaten Semarang dinyatakan menjadi wilayah berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Penurunan level ini membuat aktivitas masyarakat kembali berputar.

Diantaranya pelaksanaan kegiatan usaha sektor non esensial maksimal 75% bekerja di kantor bagi pegawai yang sudah divaksin hingga diperbolehkannya pembelajaran tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Ini Usulan Penyesuaian UMK Karanganyar 2022, Ada Peluang Upah Buruh akan Naik?

Baca juga: Seratusan Massa di Solo Aksi Demo, Orasi Protes Penanganan Terorisme di Indonesia

Bupati Semarang, H Ngesti Nugraha, SH, MH mengatakan, turunnya level PPKM ini tak lepas dari raihan vaksinasi dosis pertama hingga akhir Oktober yang mencapai angka 589.078 jiwa atau 70% dari target 830.815 penduduk, dengan lansia penerima vaksin dosis 1 sebanyak 83.435 jiwa atau 80% dari populasi lansia di wilayah tersebut.

"Capaian ini merupakan keberhasilan dari kerja keras berbagai elemen baik pemerintah daerah, sektor swasta dan juga masyarakat yang telah bahu membahu menyukseskan program vaksinasi di wilayah bertajuk Bumi Serasi ini," ujarnya.

Pihaknya berterima kasih atas kolaborasi berbagai pihak baik dari instansi pemerintah, TNI & Polri, Masyarakat dan juga sektor swasta seperti Djarum Foundation yang telah berjuang bersama-sama menyukseskan program vaksinasi di Kabupaten Semarang sehingga dalam waktu yang relatif singkat berhasil menurunkan PPKM ke Level 1.

"Dengan semakin berkurangnya penyebaran Covid-19 dan gencarnya program vaksinasi, saya berharap aktivitas masyarakat bisa kembali pulih seperti sedia kala,” tutur Ngesti Nugraha saat memantau program vaksinasi di Balai Desa Watuagung, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jumat (19/11).

Pada kunjungan tersebut, Ngesti Nugraha turut didampingi oleh Wakil Bupati Semarang H. Basari, S.T., M,si, Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika Handsika Aprilaya S.I.K, S.H.,M.H., C.P.H.R, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang dr. Dwi Syaiful Nur Hidayat dan Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto. 

Meski mendapat pengakuan pemerintah pusat atas membaiknya kondisi di Kabupaten Semarang melalui penurunan level PPKM tersebut, Ngesti Nugraha meminta seluruh pihak berhati-hati mengingat perjalanan menuju terbentuknya kekebalan komunal masih panjang.

Berdasarkan Pemkab Semarang hingga Kamis (18/11) pukul 06.00 WIB, penerima vaksin dosis 1 yang telah mencapai 602.648 jiwa atau 72,54%, sementara warga yang sudah divaksin lengkap baru mencapai 415.149 jiwa atau 49,97%. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved