Breaking News:

Berita Banyumas

Ratusan Orang di Purwokerto Mendapat Layanan Operasi Katarak Gratis

Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja.

Editor: rival al manaf
Dokumen Pribadi
Peserta Operasi katarak di RSU Dadi Keluarga Purwokerto berfoto bersama, kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, yakni dari tanggal 27 hingga 29 November 2021 dan mentargetkan 150 pasien akan dioperasi katarak melalui penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), tahun 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes menunjukan bahwa angka kebutaan di Indonesia mencapai 3% dan sebanyak 81% disebabkan oleh katarak.

Mencermati angka tersebut, tentunya telah menjadi tanggung jawab berbagai pihak untuk bersama mencegah terjadinya kebutaan akibat katarak.

Baca juga: Bupati Wihaji Persilahkan Masyarakat Gugat di KIP Jateng Jika Pemkab Batang Kurang Informatif

Baca juga: 8 Manfaat Terong, Mencegah kanker, Membantu Mengontrol Gula Darah

Baca juga: Keharmonisan Hubungan Gerindra dan PDI Perjuangan Patenkan Prabowo Puan untuk Pemilu 2024

Baca juga: Kasus Suap, Gubernur Nonaktif Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bagian dari masyarakat telah konsisten mengadakan bakti sosial operasi katarak di tanah air.

Berkolaborasi dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) Pusat kali ini BCA mengadakan Bakti Sosial Operasi Katarak di RSU Dadi Keluarga Purwokerto.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dihadiri oleh Kepala Operasi Cabang KCU Purwokerto, Sri Sudarmi.

Hadir pula pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas Sadiyanto, S.K.M.,M.Kes, SPBK Perdami Dr. Astrianda N Soeryono SpM(K) dan Direktur RS. Dadi Keluarga Purwokerto dr. Dhian Shinto Hapsari, beserta dengan segenap pengurus dari Perdami Pusat dan Perdami Jawa Tengah.

Operasi katarak di RSU Dadi Keluarga Purwokerto ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, yakni dari tanggal 27 hingga 29 November 2021.

“Katarak bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh, butuh pencegahan dan juga penanggulangan yang serius agar angka kebutaan di Indonesia pun tidak meningkat."

"BCA berkomitmen untuk membantu saudara-saudara yang menderita katarak namun terbatas biaya untuk melakukan operasi."

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved