Universitas Semarang

Pentas Purnama Puisi di Atas Awan USM-PWI Jateng Bawa Audiens Berselancar di Lorong Sejarah

Pementasan malam kebudayaan bertajuk "Purnama Puisi di Atas Awan" yang digelar oleh Universitas Semarang (USM)

Editor: abduh imanulhaq
IST
Berfoto bersama usai acara 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pementasan malam kebudayaan bertajuk "Purnama Puisi di Atas Awan" yang digelar oleh Universitas Semarang (USM) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Tengah di Lantai 10 Menara USM, Minggu (12/6), berlangsung sukses.

Parade puisi yang dibawakan tokoh, pejabat negara dan penyair yang digelar melalui hybrid (offline dan virtual) inibukan saja syahdu menguarkan pesona dan spiritualisme tentang candi-candi, tetapi juga mampu mengajak audiens berselanjar di lorong sejarah.

Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD, saat membaca puisi
Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD, saat membaca puisi (IST)

Dengan interpretasi masing-masing, mereka membacakan puisi yang diambilkan dari buku antologi puisi "Percakapan dengan Candi: (2020) dan "Dari Peradaban Gunadarma" (2021) karya Amir Machmud NS.

Dalam keseharian, Amir adalah wartawan, penulis sastra, kolumnis, dosen, dan Ketua PWI Jateng.

Sedianya pentas parade puisi tersebut dihelat di panggung pertunjukan terbuka yang didesain ala amfiteater Romawi Kuno dengan lanskap miniatur candi. Namun, karena hujan deras yang mengguyur Kota Semarang sejak sore, panitia memindahkannya ke ruang indoor, tetap dengan latar potret kemegahan dan keindahan Candi Borobudur. Sekitar 100 orang hadir di acara, sedangkan 255 orang menyaksikanya melalui live on zoom meeting. Acara juga disiarkan live melalui Kanal YouTube Humas USM dan Radio USM Jaya 101,6 FM.

Rektor USM Dr Supari Priambodo ST MT, saat membaca puisi
Rektor USM Dr Supari Priambodo ST MT, saat membaca puisi (IST)

Di deret tamu undangan, terlihat Plt Kepala Disporapar Jateng Setyo Irawan, Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi bersama jajaran, Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, Dandim 0733 Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana, Ketua KIP Jateng Sosiawan, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD, anggota pembina yayasan Ir Soeharsojo IPU, Ketua YAU Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM, Rektor USM Dr Supari Priambodo ST MT, direktur pascasarjana, dekan, kaprodi USM serta pengurus harian dan DKP PWI Jateng.

Acara parade puisi yang digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-35 atau Lustrum Ke-7 USM semalam, dibuka dengan sambutan dan pembacaan puisi oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo secara virtual.

Penyair Budi Maryono, saat membaca puisi
Penyair Budi Maryono, saat membaca puisi (IST)

Bamsoet -- sapaan akrabnya -- mengatakan, era disrupsi dan globalisasi membuat sekat teritorial antarnegara menjadi tak berarti. Dari sini muncul tantangan mempertahankan eksistensi nilai-nilai dan budaya.

Maka, pada perayaan HUT Ke-35, dia mengapresiasi langkah USM dan PWI Jateng menggagas acara parade puisi tentang candi sebagai bagian komitmen akademik turut mengajak masyarakat dan pemangku kepentingan untuk lebih mencintai warisan budaya.

Candi-candi seperti Borobudur, Prambanan, Dieng, Plaosan adalah khazanah budaya bangsa. Jateng punya 53 situs candi yang tersebar di 11 kabupaten.

''Candi adalah aset wisata dan kebanggaan, dan mari memaknai candi sebagai akar budaya, bukan sebagai objek eksploitasi. Sekali lagi, dirgahayu untuk USM, semoga maju dan berkembang,'' ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet membacakan puisi bertajuk "Sebutlah Ini Negara Candi".

Turut memberikan sambutan, dalam acara yang dipandu oleh Myra Azzahra itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf, Faisal.

Acara ini makin istimewa dengan keterlibatan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Secara virtual, Gubernur juga menyampaikan apresiasi terhadap acara ini. Dia mengucapkan selamat kepada USM dan berharap pada ulang tahunnya ke-35 makin jaya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved