Berita Slawi

Beberapa Persiapan yang Sudah Dilakukan Disporapar Kabupaten Tegal Jelang Libur Nataru

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal, mulai melakukan beberapa persiapan jelang momen libur Natal dan tahun baru

desta leila kartika
Suasana di area kolam renang yang ada di Guci Forest, Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu. Adapun Guci Forest adalah penginapan berkonsep alam yang memiliki ciri khas bangunan semuanya terbuat dari kayu.  

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal, mulai melakukan beberapa persiapan jelang momen libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Adapun yang sudah terlaksana yaitu Diklat SAR dan bantuan dasar hidup yang diikuti oleh pelaku wisata, pada Kamis (1/12/2022) lalu.

Kemudian agenda selanjutnya persiapan jelang Nataru, pada Rabu (14/12/2022) akan berlangsung penanaman pohon di area Waduk Cacaban.

Rencana kurang lebih 100 pohon akan ditanam di area Waduk Cacaban yang tujuan utamanya untuk mengamankan infrastruktur yang sudah dibangun pasca remidal. 

Tidak hanya menanam pohon, kegiatan pada Rabu mendatang juga diisi dengan menabur benih ikan di Waduk Cacaban.

Informasi tersebut, disampaikan oleh Kepala UPTD Pengelolaan Objek Wisata Kabupaten Tegal, Ahmad Abdul Hasib, pada Tribunjateng.com, Selasa (6/12/2022).

Pembenahan sarana dan prasarana, lanjut Hasib, juga menjadi fokus utama persiapan jelang momen libur Nataru.

"Rencananya kami akan melakukan perbaikan (pengaspalan) jalan dari karang jambu sampai Objek Wisata Guci. Kemudian selain infrastruktur jalan, kami juga rencana membangun pos pelayanan terpadu yang nantinya tersebar di masing-masing area wisata khususnya yang di kelola Pemkab Tegal," ungkap Hasib, pada Tribunjateng.com.

Persiapan lainnya, lanjut Hasib, yaitu penyediaan tambahan alat e-tiketing khususnya di Objek Wisata Guci dan Waduk Cacaban.

Tapi mengantisipasi adanya gangguan signal, jaringan internet, dan lain-lain, maka pembayaran secara non tunai atau manual tetap disiapkan.

Sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan pengunjung, kesiapan sumber daya manusia (SDM) mulai satpam, tim SAR, tim kesehatan (medis), petugas loket, retribusi, tim kebersihan, semuanya juga sudah mulai disiapkan secara matang.

Termasuk di masing-masing area wahana wisata, juga menyediakan tim SAR minimal dua orang untuk mengamankan dan memantau pergerakan pengunjung. 

Sedangkan untuk para pedagang dan pengunjung, juga diimbau untuk memperhatikan kebersihan yaitu tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga semuanya sama-sama merasa nyaman dan tidak terganggu.

"Untuk semakin memperkuat pengamanan saat libur Nataru, kami juga menjalin kemitraan dengan instansi lain seperti BPBD, PMI, Polres Tegal, Polsek Jajaran, Koramil, Kodim, Dinas Kesehatan, semuanya saling berkoordinasi dan bekerja bersama untuk mengamankan Nataru. Harapannya tentu berjalan aman, nyaman, tanpa ada gangguan atau kejadian yang tidak diinginkan," jelasnya. (dta)

Baca juga: Ini Reaksi Gibran, Spanduk Ganjar Pranowo-Erick Thohir Sebagai Capres dan Cawapres Hiasi Kota Solo

Baca juga: Upaya Atasi Inflasi, Pemkab Kudus Gelar Pasar Murah

Baca juga: Doa Terhindar Dari Penyakit Ain dan Penjelasan Mengenai Penyakit Melalui Pandangan

Baca juga: 368 Calon Anggota PPK Pemilu 2024 di Kabupaten Batang Ikuti Tes CAT

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved