UIN Walisongo Semarang

SPAN UM PTKIN Dibuka, Ini Program Studi Pilihan di UIN Walisongo Semarang

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Walisongo kini mulai dapat mengakses jalur seleksi melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
UIN Walsomgo Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB ) Universitas Islam Negeri Walisongo kini mulai dapat mengakses jalur seleksi melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN –PTKIN) dan Ujian Masuk (UM-PTKIN).

SPAN PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik.

Peserta yang bisa mengikuti seleksi ini adalah siswa sekolah/ madrasah/ pondok pesantren yang akan lulus pada tahun 2023, demikian diungkapkan Imam Taufiq, Rektor UIN Walisongo sekaligus ketua Panitia Nasional SPAN UM PTKIN.

Tahapan SPAN PTKIN meliputi: 1) pendaftaran sekolah/madrasah/pondok pesantren (17 Januari-13 Februari 2023), dan 2) pendaftaran siswa (16 Februari-4 Maret 2023).

Hasil seleksi akan diumumkan pada 3 April 2023. 4) Registrasi Ulang (4-12 April 2023). 5) Pengumuman UKT 19 April 2023 dan Pembayaran UKT pada 20 April – 5 Mei 2023.

Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag.

Aplikasi Pusaka bisa diunduh di Play Store (Android) dan App Store (iOS), serta tidak dikenakan biaya.

Sedangkan UM-PTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih.

Peserta UMPTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023, dan untuk pendaftaran UMPTKIN dikenakan biaya.

UIN Walisongo sudah terakreditasi A dan memiliki visi “Universitas Islam Riset Terdepa berbasis pada Kesatuan ilmu Pengetahuna dan Kemanusiaan dan Peradaban pada tahun 2038” memiliki 8 Fakultas yaitu Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Fakultas Syariah dan Hukum, fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan satu program Pasca Sarjana.

Program studi yang bisa menjadi pilihan dalam seleksi SPAN-UM PTKIN di UIN Walisongo meliputi :
Fakultas Syariah dan Hukum, program studi yang yang bisa dipilih meliputi Hukum Keluarga Islam (Akreditasi A), Hukum Pidana Islam (Akreditasi A), Hukum ekonomi Syariah (Akreditasi A) dan Ilmu Falak (Akreditasi A).

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, program studi yang bisa dipilih meliputi Aqidah dan Filsafat Islam (Akreditasi A), Ilmu Al-Quran dan Tafsir (Akreditasi A), Studi Agama-Agama (Akreditasi A), Tasawuf dan Psikoterapi (Akreditasi A) dan Ilmu Seni dan Arsitektur Islam (Akreditasi A).

Fakultas Sains dan Teknologi beberapa program studi yang bisa menjadi pilihan sebagai berikut Pendidikan Matematika (Akreditasi B), Pendidikan Fisika ( Akreditasi A), Pendidikan Kimia (Akreditasi A) dan Pendidikan Biologi (Akreditasi A).

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan memiliki beberapa program studi pilihan untuk SPAN PTKIN meliputi : Pendidikan Agama Islam (Akreditasi A), Pendidikan Bahasa Arab (Akreditasi A), Manajemen Pendidikan Islam (Akreditasi A), Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi Unggul), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Akreditasi B) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Akreditasi B).

Fakultas Dakwah dan Komuikasi UIN Walisongo memiliki beberapa program studi yang bisa menjadi piihan, meliputi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (Akreditasi A), Komunikasi dan Penyiaran Islam ( Akreditasi A), Manajemen Dakwah (Kareditasi A), Pengembangan Masyarakat Islam (Akreditasi A) serta Manajemen Haji dan Umrah (Akreditasi B).

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memiliki beberapa prodi pilihan meliputi Ekonomi Islam (Akreditasi A), Perbankan Syariah( Akreditasi Baik Sekali) dan Akuntansi Syariah ( Akreditasi Unggul)

Untuk info lebih lengkap terkait pendaftaran mahasiswa baru jalur SNBPsilahkan hubungi Whatsapp 085174730900, instagram @pmb.uinws dan website https://pmb.walisongo.ac.id/ . Ayo daftarkan dirimu dan siap menjadi #GENWA2023 Jadi Bagian dari Kampus Kemanusiaan dan Peradaban

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved