Breaking News:

Berita Semarang

Satlantas Polrestabes Semarang Pastikan Tak Akan Tindak Pengendara Tak Pakai Masker

Satlantas Polrestabes Semarang pastikan tak ada penindakan berupa tilang bagi pengemudi yang diketahui tidak memakai masker saat berkendara.

Penulis: Akhtur Gumilang | Editor: m nur huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Satlantas Polrestabes Semarang pastikan tak ada penindakan berupa tilang bagi pengemudi yang diketahui tidak memakai masker saat berkendara.

Hal itu ditegaskan Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi di sela kegiatan pembagian masker gratis bagi para pengendara dalam rangka Operasi Keselamatan Candi (OKC) 2020 di kawasan Tugumuda, Selasa (14/4/2020).

Dia menyatakan, meski tidak ada penindakan, pihaknya tetap memiliki tugas untuk memantau para pengemudi yang ketahuan tidak memakai masker saat berkendara.

Jika tidak memakai, personel Satlantas akan meminta pengendara tersebut untuk segera memiliki dan menggunakan masker guna mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Kenapa Jateng Belum Ajukan PSBB? Ini Jawaban Ganjar

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun! Kecelakaan Pengendara Motor Matic Terlindas Bus, Diduga Terkejut

Hasil Rapid Test Seorang Tenaga Medis di Banjarnegara Positif Corona, Sebelumnya Merawat PDP

Jokowi Minta Pemda Pangkas Anggaran Dinas Tak Penting, Alihkan Ke Penanganan Corona

"Sehingga, warga di Semarang saat berlalu lintas sudah bisa melindungi dirinya dari wabah corona, minimal dengan memakai masker. Kita tegaskan tidak ada penindakan bagi pengendara yang tidak memiliki atau memakai masker. Sebab, itu tidak ada aturannya di undang-undang," jelas Ardi kepada Tribunjateng.com, Selasa (14/4/2020).

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi mulai bagi-bagi masker dan beri imbauan ke para pengendara di Simpang Tugumuda, Kota Semarang, Selasa (14/4/2020).
Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi mulai bagi-bagi masker dan beri imbauan ke para pengendara di Simpang Tugumuda, Kota Semarang, Selasa (14/4/2020). (Tribun Jateng/Akhtur Gumilang)

Dia menerangkan, supaya warga Semarang mulai membiasakan menggunakan masker, pihaknya turut membagikan masker kain secara cuma-cuma.

Hal itu dilakukan Satlantas Polrestabes Semarang dalam rangka OKC 2020 yang dimulai sejak 6 April 2020 sampai 19 April 2020 atau selama 14 hari.

Seorang Polwan Satlantas Polrestabes Semarang bagikan handsanitizer gratis untuk pengemudi angkot di simpang Tugumuda, Semarang, Selasa (14/4/2020).
Seorang Polwan Satlantas Polrestabes Semarang bagikan handsanitizer gratis untuk pengemudi angkot di simpang Tugumuda, Semarang, Selasa (14/4/2020). (Tribun Jateng/Akhtur Gumilang)

Dalam pembagian itu, pihaknya pun turut melibatkan personel berkostum Captain Amerika dan Spiderman. Menurut Kasatlantas, langkah itu ditempuh untuk meningkatkan daya tarik dan kesadaran bagi pengendara pentingnya menggunakan masker.

Setidaknya, kata Ardi, ada sebanyak 5000 lebih masker kain yang dibagikan Satlantas selama OKC berlangsung. Pembagiannya pun dilakukan secara berkala di beberapa persimpangan pusat Kota Semarang.

"Jadi, kalau ada pengendara yang tidak memakai masker akan diberikan masker kain gratis oleh personel kami yang bertugas di beberapa titik persimpangan pusat kota. Selain masker, kita juga bagi-bagi handsanitizer. Kita bagikan secara berkala selama OKC," terangnya.

Sementara, Hendro (29), pengemudi motor yang mendapat masker gratis itu mengaku lupa tidak memakai masker saat berkendara. Padahal, dia membawa masker namun tak digunakan.

"Ya saya lupa pakai mas. Tapi, saya bawa dan saya simpan di tas. Ya, itung-itung dapat masker gratis buat keluarga di rumah," ujar warga Lempongsari, saat hendak berangkat kerja tersebut. (Tribunjateng/gum)

Kerajaan Arab Saudi Larang Sholat Tarawih di Masjid Selama Masih Ada Wabah Virus Corona

Heboh Surati Camat Minta Dukungan, Staf Khusus Andi Taufan Garuda Sampaikan Maaf

Seorang Dosen di Malang Positif Corona, Satgas Covid-19 Telusuri Riwayat Kontak hingga Kampus

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved