Breaking News:

Pendidikan

Ada Peluang Nih, Unnes Sediakan Kuota 30% Mahasiswa Baru pada Jalur Seleksi Mandiri

Unnes menyediakan kuota 30% atau sebanyak 2.876 bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri.

ISTIMEWA
Calon mahasiswa baru Unnes mengikuti tes dalam seleksi jalur SBMPTN yang digelar beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan kuota 30% atau sebanyak 2.876 bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri.

Sebanyak 71 Program Studi di Universitas Negeri Semarang yang terdiri atas 69 jenjang sarjana (S1) dan dua prodi jenjang diploma 3 (D3) dibuka pada jalur Seleksi Mandiri yang dimulai sejak 21 Mei kemarin.

"Prodi yang dibuka pada jalur Seleksi Mandiri sebanyak tujuh puluh satu, 69 jengjang sarjana (S1), dua prodi diploma (D3)," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes, Prof Zaenuri, di kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, Kamis (27/5/2021).

Ia menuturkan, pada seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN, Prodi yang ditawarkan dibagi dalam katagori Saintek dan Soshum. Untuk SNMPTN seleksi menggunakan nilai prestasi akademik atau nilai raport, dan tes.

"Untuk jalur mandiri nanti, seleksi kami lakukan menggunakan portofolio dan tes secara online yang kami selenggarakan sendiri," ucapnya.

Baca juga: Jembatan Kaca Tinjomoyo Dikerjakan Tahun Ini, Sudah Masuk Lelang

Baca juga: Di Blora, Lembaga Pendidikan di Bawah Kemenag Belum Resmi Laksanakan PTM

Baca juga: Terkendala Aturan Sistem Lelang, Pembangunan Taman Saninten Kembali Ditunda

Baca juga: Video 200 Pedagang di Area Wisata Guci Kab Tegal Divaksin

Kepala UPT Humas Unnes, Muhamad Burhanudin menyampaikan, Unnes pada tahun 2021 akan menerima sebanyak  9.310 mahasiswa baru yang terbagi dalam tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Dari 9.310 daya tampung Unnes,  sebanyak 30% telah dinyatakan diterima melalui jalur SNMPTN, 40% mahasiswa baru akan diterima melalui jalur SBMPTN, dan pada  jalur Seleksi Mandiri akan menerima mahasiswa baru sebanyak 30% atau sekitar 2.876 mahasiswa.

"Kuota tahun ini untuk sarjana S1 pada 69 Program Studi sebanyak 9.185, Diploma (D3) pada dua Prodi sebanyak 90, dan kuota untuk profesi konselor sebanyak 35," terang Burhanudin.

Untuk pendaftaran, Burhanudin menuturkan, dapat dilakukan secara online melalui https://penerimaan.unnes.ac.id/ yang sudah dimulai 21 Mei lalu dan akan ditutup 9 Juli 2021 mendatang.

"Tes online akan digelar 13-19 Juli 2021. Untuk hasil seleksi akan diumumkan pada 26 Juli 2021 secara online melalui http://penerimaan.unnes.ac.id," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved