Berita Solo

Kapolresta SoloJadi Irup Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kusuma Bhakti

Kegiatan apel kehormatan dan renungan suci peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI digelar di kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Solo, Rabu

Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat menjadi inspektur upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kusuma Bhakti, Rabu (17/8/2022) dini hari. 

TRIBUNJATENG COM, SOLO - Kegiatan apel kehormatan dan renungan suci peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI digelar di kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Solo, Rabu (17/8/2022) tepat pukul 00.00 WIB.

Apel kehormatan dan renungan suci yang setiap tahun selalu dilakukan telah menjadi tradisi dalam mengenang para arwah pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkompimda Kota Solo, termasuk Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa.

Sementara Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak bertindak sebagai inspektur upacara (irup).

Dalam suasana penuh khidmat dan dengan penerangan dua obor, Kombes Ade Safri membacakan naskah upacara apel kehormatan dan renungan suci.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian tehadap perjuangan, demi kebahagiaan negara dan bangsa," ucap Ade Safri dalam pembacaan teks tersebut.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula, dan dalam kebhaktian yang suadara-saudara tempuh, adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah sodara-sodara pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat yang sewajarnya," tambahnya.

Apel kehormatan dan renungan suci itu kemudian dilanjutkan dengan penyalaan obor yang mengitari monumen di TMP Kusuma Bhakti.

Ade mengaku bangga dan terharu didaulat menhadi inspektur upacara dalam kegiatan yang diikuti puluhan orang tersebut.

"Terasa bergetar di seluruh tubuh ketika membacakan apel kehormatan dan renungan suci. Teringat dan terkenang seluruh perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, mempertaruhkan nyawa dan mengorbankan harta benda-jiwa raga demi merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia," ucapnya.

Mantan Dirreskrimsus Polda Lampung itu juga menyampaikan harapan kepada seluruh generasi bangsa agar bisa meneruskan perjuangan para pahlawan. 

Salah satynya dengan mengisi kemerdekaan melalui sumbangsih pemikiran dan tenaga sesuai kapasitas dan kapabilitas masing masing untuk kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. (*)

 

Baca juga: Fajar Ajis Saputra dan Moh. Khoirudin Ciptakan Robot Pemilah Sampah Agar Lebih Mudah Didaur Ulang

Baca juga: Peringati Hari Kemerdekaan RI, Kemenkumham Jateng Berikan Remisi Umum kepada 7.511 Napi

Baca juga: Mencari Bilangan Bulat dengan Metode JAS

Baca juga: HUT RI ke 77, 1.276 Warga Binaan Pemasyarakatan Di Cilacap Dapat Remisi, 48 Lainnya Langsung Bebas

Baca juga: Kaesang Ajak Erina Gudono Hadiri Upacara Kemerdekaan HUT ke-77 RI, Kompak Pakai Baju Seragam

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved