Breaking News:

Berita Jepara

Workshop Film Dokumenter, DKD Jepara Harapkan Sineas Muda Hasil Karya Angkat Kearifan Lokal

Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Jepara menghelar workshop tentang visual storytellin film dokumenter, Sabtu (28/8/2021).

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: Catur waskito Edy
Dok. Hani
Ketua DKD Jepara Kustam Eka (kanan) dan Amin Ayahudi (tengah) saat mengisi workshop storytellinh film dokumenter, Sabtu (28/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA- Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Jepara menghelar workshop tentang visual storytellin film dokumenter, Sabtu (28/8/2021).

Workshop ini dihadiri Tries Supardi, pendiri rumah produksi film Segi Film Semarang dan Damar Ardi, penggarap film asal Jakarta.

Ketua Fotografi Sinematografi dan Seni Media Baru, Nur Huda Tauhid mengatakan, 18 sineas muda Jepara yang sudah berkecimpung di bidang film dan video.

Terkait dengan fokusnya pada storytelling, dia mengungkapkan film dokumenter mengisahkan sebuah kejujuran, otentik, dan kreativitas. 

"Sehingga, sebuah cerita yang akan disajikan harus menarik dan membekas di ingatan penonton. Sedangkan, pesan-pesan yang disampaikan harus tersaji dengan baik dan jelas," kata dia.

Sementara itu, Ketua DKD Jepara, Kustam Eka Jalu, menambahka  workshop ini merupaka upaya untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia yang ada.

Sehingga, nantinya akan muncul karya-karya film dokumenter tentang aktivitas kesenian, maestro kesenian, dan sinkretisme budaya di masyarakat Jepara.

“Kita berharap para sineas muda ini bisa memproduksi film-film dokumenter berkualitas. Terutama karya-karya yang mengangkat kearifan lokal Bumi Kartini,” ujarnya.

Pihaknya juga akan memfasilitasi biaya produksi sebesar Rp 2juta untuk peserta workshop yanh mendapat tugas menggarap film dokumenter.(yun).

Baca juga: Biar Aman saat Jatuh dari Sepeda Motor Ada Tekniknya, Ini Tipsnya

Baca juga: BPBD Kota Pekalongan Berikan Berbagai Cara Penanggulangan Bencana

Baca juga: Video Pengusaha Mebel Hadapi Kelangkaan Kontainer

Baca juga: Isu Reshuffle Menguat Usai PAN Gabung, Dikabarkan akan Ada Tujuh Menteri Direshuffle

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved