Breaking News:

Kesehatan

Turunkan Kolesterol Jahat dengan 4 Olahraga Ini

American Heart Association merekomendasikan kita untuk melakukannya setidaknya 30 menit olahraga selama lima hingga tujuh hari per minggunya.

DragonImages
Ilustrasi olahraga 

TRIBUNJATENG.COM – Tidak semua kolesterol merugikan tubuh.

Ada dua jenis kolesterol, yakni kolesterol “baik” dan “jahat.”

Kolesterol baik atau HDL dalam tubuh kita dapat membantu membasmi kolestrol jahat atau LDL dari aliran darah agar organ tubuh berfungsi dengan baik.

Baca juga: Stres Picu Munculnya Eksim, Cegah dengan Cara-Cara Berikut Ini

Tingkat kolesterol LDL yang tinggi dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko terhadap penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan penyumbatan arteri.

Mengerikan bukan?

Karena itu, kita perlu lebih banyak bergerak untuk mencegahnya.

Olahraga dan makan makanan sehat memang dapat menghilangkan kolesterol LDL yang berbahaya dengan meningkatkan kolesterol HDL.

Sebab, turunnya berat badan yang biasanya disebabkan oleh olahraga dapat meningkatkan HDL, begitu pula jika menjauhkan diri dari makanan tinggi lemak trans.

American Heart Association juga mengatakan bahwa kolesterol tinggi disebabkan oleh dua elemen gaya hidup yang berjalan beriringan, yaitu kurang olahraga dan kelebihan berat badan.

Hal serupa juga diutarakan oleh ahli jantung Leslie Cho, MD. Menurutnya, olahraga sangat bagus bagi yang mencoba menurunkan kolesterol jahat.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved