Berita Kudus

UPDATE Tol Demak-Tuban : Bupati Kudus HM Hartopo Usul Dua Exit Tol dan Satu Rest Area

Bupati Kudus HM Hartopo mengusulkan dua exit tol dan satu rest area pada ruas Tol Demak-Tuban. Usulan tersebut dia sampaikan saat rapat konsultasi

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: Catur waskito Edy
Rifqi Gozali
Bupati Kudus HM Hartopo saat sambutan dalam rapat konsultasi publik penyusunan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan hidup (Amdal) pembangunan tol Demak-Tuban di ruang rapat lantai 4 Setda Kudus, Selasa (30/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Bupati Kudus HM Hartopo mengusulkan dua exit tol dan satu rest area pada ruas Tol Demak-Tuban. Usulan tersebut dia sampaikan saat rapat konsultasi publik penyusunan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan hidup (Amdal) pembangunan tol Demak-Tuban di ruang rapat lantai 4 Setda Kudus, Selasa 30 Agustus 2022.

Usulan yang dia sampaikan mengingat manfaat tol terhadap pertumbuhan ekonomi baik secara nasional maupun lokal Kudus.

"Adanya tol mendukung pertumbuhan ekonomi serta peningkatan pemerataan pembangunan," kata Hartopo.

Hartopo mengatakan, usulan dua exit tol tersebut nantinya dibangun di lingkar selatan dan di wilayah timur. Hal itu agar volume kendaraan di kota Kudus berkurang dan terhindar dari kemacetan.

Kemudian usulan pembangunan rest area dibangun di Desa Temulus, Kecamatan Mejobo. Proyeksi lahan yang dibutuhkan untuk rest area yakni seluas 5 hektare.

"Untuk rest area ini kalau bisa juga dibuatkan jalan khusus untuk sepeda motor tanpa harus melewati tol, jadi bisa dijangkau," katanya.

Adapun rencana pembangunan tol Demak-Tuban yang melintas di Kabupaten Kudus panjang ruasnya mencapai 8,3 kilometer. Total ada 4 kecamatan yang dilewati terdiri atas 13 desa. Total tapak proyek tol yakni seluas kurang lebih 58,2 hektare.

13 desa yang dilewati yakni Desa yang ada di Kecamatan Jati yaitu Jetiskapuan dan Loram Wetan. Untuk Kecamatan Jekulo yang dilewati yakni Desa Bulungkulon, Bulungcangkring, dan Sadang.

Kemudian Kecamatan Mejobo rencananya bakal melintas di Desa Jojo, Kesambi, dan Temulus. Di Kecamatan Undaan tol rencananya bakal melintas di Desa Karangrowo, Ngemplak, Undaan Lor, Undaan Tengah, dan Wates.

Perihal rencana pembangunan tol yang bakal melintas di Kudus, kata Hartopo, pihaknya akam senantiasa melakikan pendampingan.

Sejumlah organisasi perangkat daerah akan dilibatkan, misalnya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup.

Dalam rapat konsultasi publik itu dihadiri oleh sejumlah elemen masyarakat.

Tidak lupa, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Reni Ahiantini, juga hadir secara virtual. Dia mengatakan, pihaknya akan turun langsung ke lokasi untuk pembangunan ruas tol Demak-Tuban.

Dia berharap, ada masukan yang disampaikan oleh masyarakat terkait pembangunan tol. Masukan itu baginya penting dalam proyek yang akan dilaksanakan nantinya. (*)

Baca juga: Chord Kunci Gitar Tiket Suargo Farel Prayoga, Suwargo Tansah Mengo Lawange

Baca juga: Tips Menentukan Arah Rumah Menurut Primbon Jawa

Baca juga: Cerita Mistis Lubang Buaya, Penampakan Sosok Berseragam Tentara dan Bau Anyir

Baca juga: 5 Suporter PSS Sleman Meninggal Sejak 2016 karena Bentrokan dengan Brajamusti PSIM Yogyakarta

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved