Kota Pekalongan

Bersama HIMPAUDI, Inggit Berbagi Keceriaan Anak Terdampak Banjir Pekalongan

Sejak dibuka titik-titik pengungsian di wilayah yang banjir, tim trauma healing Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia

Dok Kominfo Kota Pekalongan 
Bunda Paud Kota Pekalongan Inggit Soraya saat menghibur anak-anak di tempat pengungsian Masjid Al Hikmah. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Sejak dibuka titik-titik pengungsian di wilayah yang banjir, tim trauma healing Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kota Pekalongan mulai bergerak melakukan tugas kemanusiaan untuk mengurangi gangguan psikologis, seperti kecemasan maupun kepanikan yang dirasakan anak-anak, di Masjid Al-Hikmah, Kelurahan Tirto, Kabupaten Pekalongan.

Ketua Pokja Bunda PAUD, Sherly Imanda Hidayah menuturkan, setelah mengetahui banjir menggenangi hampir seluruh wilayah Pekalongan Utara, Barat dan Timur, pihaknya segera melakukan koordinasi terkait kesiapan tim trauma healing baik HIMPAUDI maupun Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI).

"Kita siapkan teman-teman untuk terjun ke lokasi pengungsian, dan khususnya di tempat yang memang banyak anak tetapi belum tersebut," kata Ketua Pokja Bunda PAUD, Sherly Imanda Hidayah.

Dalam kegiatan di Masjid Al-Hikmah, tim trauma healing memberikan hiburan anak-anak dengan bercerita, bermain, bernyanyi, dan memberikan motivasi untuk tetap belajar sebab beberapa sekolah di daerah tersebut, belum bisa melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka.

"Juga kita bagikan, sekitar 50 bingkisan jajan untuk anak-anak disini, mudah-mudahan segera surut dan mereka tetap bisa ceria, sehat dan bersekolah kembali," imbuhnya.

Sementara itu, Bunda PAUD sekaligus Ketua PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya yang juga terjun langsung pada kegiatan tersebut mengaku terharu melihat kecerian anak yang luar biasa meskipun mereka belum bisa pulang ke rumah masing-masing karena kondisi banjir masih menggenangi.

"Antusias anak-anak luar biasa, campur aduk saya melihat mereka masih bisa tertawa dan sehat, walaupun dibalik itu mereka tidak bisa bersekolah, aktivitasnya terhambat, rumahnya kebanjiran," kata Inggit, Jumat (6/1/2023).

Selain menghibur anak-anak, Inggit juga sempat berbincang dengan pengungsi lain dan memberikan motivasi untuk selalu bersyukur dengan kondisi apapun.

"Mudah-mudahan dengan adanya trauma healing, tidak hanya anak-anak, orang dewasa disini bisa terhibur merasakan ada yang memperhatikan, menghibur, tidak sendirian dan mudah-mudahan banjir lekas surut," tambahnya.

Berdasarkan data pengungsian dari BPBD Kota Pekalongan yang didapatkan Tribunjateng.com, untuk jumlah pengungsi per 6 Januari 2022, pukul 12.00 WIB jumlah pengungsi ada 472 jiwa. Semua pengungsi tersebar di 14 titik

Berikut, update data pengungsi banjir di Kota Pekalongan berdasarkan data BPBD Kota Pekalongan, Jumat (6/1/2023) pukul 12.00 WIB.

- Kecamatan Pekalongan Barat

1. Ex Kelurahan Kraton Kidul : 59 jiwa
2. TPQ Al Hikmah : 96 jiwa
3. Aula Kelurahan Tirto : 6 jiwa

- Kecamatan Pekalongan Utara

1. Masjid Muhajirin Perum Pesona RW. XI : 24 jiwa
2. Aula Melati Kelurahan Kandang Panjang : 11 jiwa
3. Aula Kelurahan Degayu : 2 jiwa
4. Musala Kasepuhan Bandengan : 11 jiwa
5. Musala Min Fadli Robi Bandengan : 17 jiwa
6. Musala Sayidil Anam Degayu : 145 jiwa
7. Musala Al -Amin Swadaya : 47 jiwa
8. Musala Al Karim Bandengan: 20 jiwa
9. TPQ Al Mukhlis Bandengan : 12 jiwa
10. SDN Bandengan 1 : 7 jiwa
11. Musala Ar Rahman Bandengan : 15 jiwa

Total pengungsi sementara : 472 jiwa

Data bisa berubah sewaktu-waktu. (Dro)

Baca juga: Belum Dilantik, Baliho Ucapan Selamat untuk Mbak Ita Sebagai Wali Kota Semarang Sudah Bertebaran

Baca juga: Ajarkan Kepedulian Sejak Dini, Puluhan Siswa SD di Kudus Bagikan Ratusan Paket Bantuan kepada Warga

Baca juga: Jumat Curhat di Desa Sirau Purbalingga, Kapolres Terima Aduan Pembuatan SIM dan Kerawanan Bencana

Baca juga: Banjir Demak Setinggi 40 Centimeter Akibatkan Kemacetan Pantura hingga 2 Km

 

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved